Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap
Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap – Dalam UU No.2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional yang juga temuat dalam SK Dirjen Dikti. No.38/DIKTI/Kep/2003, menjelaskan bahwa tujuan dari Pendidikan Pancasila ialah mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari, Seperti perilaku yang mencerminkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari bemacam-macam agama, budaya dan kepentingan, perilaku yang selalu mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi atau suatu suatu golongan sehingga perbedaan pemikiran dapat diarahkan pada perilaku yang akan mendukung upaya terwujudnya keadilan sosial bagi selruh rakyat Indonesia.

Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap
Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

Tujuan dari pendidikan Pancasila ialah keinginan untuk mengetahui Pancasila yang benar, yakni dapat bertanggung jawab secara Yuridis Konstitusional ataupun obyektif-ilmiah. Secara Yuridis Konstitusional karena pancasila merupakan dasar negara yang digunakan sebagai dasar yang mengatur, menyelenggarakan pemerintahan, kehidupan negara atau eksistensi negara dan kehidupan bermasyarakt yang meliputi bidang ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.Dengan begitu segala sesuatu yang berkanaan dengan tata kehidupan dalam bernegara harus didasarkan pada pancasila. Karenanya pancasila mempunyai kekuatan yang mengikat secara hukum dengan konsekuensi bahwa setiap aspek penyelenggaraan negara harus sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila.

Tujuan pendikan diartikan pula sebagai seperangkat tindakan intelektual yang penuh dengan tanggung jawab yang berorientasi pada kompetensi siswa atau mahasiswa pada bidang profesi masing-masing. Kompetensi dari lulusan pendidikan pancasila ialah seperangkat tindakan intelektual, penuh dengan tanggung jawab sebagai seorang warga negara dalam memecahkan bebagai masalah dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan melandaskan pemikiran yang melandaskan nilai-nilai pancasila. Sifat tersebut akan tercermin pada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan dalam bertindak, sedangkan sifat yang penuh tanggung jawab akan diperlihatkan sebagai kebenaran tindakan dilihat dari aspek ilmu pengetahuan teknologi, etika maupun kepatutan dalam agamadan budaya.

Disebut dalam Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.38/Dikti/Kep/2002 dijelaskan bahwa Tujuan Pendidikan Pancasila ialah mengarahkan perhatian moral yang diharapkan dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari yang terwujud dalam perilaku yang memancarkan iman dan taqsa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dalam masyarakat yang memiliki banyak agama, budaya, suku, kepentingan dan adat istiadat atau pluralisme, selalu mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi atau golongan sehingga perbedaan prinsip dapat diarahkan pada perilak yang mendukung terwujudnya keadilan sosial bagu seluruh rakyat Indonesia.

Demikin penjelasan tentang tujuan pendidikan pancasila. Semoga bermanfaat.