Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya
Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya

Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya

Posted on

Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya – Sir Isaac Newton, Ia adalah seorang anak kecil yang bertanya “mengapa buah apel jatuh dari pohonnya kebawah ?” tidak keatas atau langit. Dengan bekal keingin tahuan yang besar dan usaha yang keras akhirnya Ia berhasil menemukan jawaban dari pertanyaannya.Ia merupakan seorang yang mengemukakan bahwa benda yang memiliki massa lebih kecil akan cenderung tertarik oleh benda yang massanya lebih besar.Gerak tersebut karena gaya tarik apel kepada bumi jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan gaya tarik bumi terhadap apel. Fakta ini yang dikenaldengan hukum gravitasi newton.

Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya
Rumus Gaya Gravitasi Beserta Keterangannya

Hukum gravitasi universal newton dirumuskan:

Setiap massa menarik massa yang lain dengan gaya segaris yang menghubungkan kedua inti massa. Besarnya gaya tarik yang terjadi berbanding lurus dengan perkalian kedua massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut.

F = G Mm/r2

G = tetapan gravitasi = 6,67 x 10-11 Nm2/kg2

Dari persamaan rumus diatas dapat kita ketahui bahwa gaya atau berat benda akan berbanding lurus dengan massa & berbanding terbalik dengan kuadrat jarak

F ~ M/r2

– Semakin besar massa benda maka akan semakin besaar gaya gravitasi.
– Semakin jatuh jarak benda makan akan semakin kecil gaya gravitasi dengan faktor kuadrat pengali.

Sekian penjelasan tentang rumus gaya gravitasi beserta keterangannya, semoga penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya di Seputar Pendidikan.