Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap
Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap – Polusi merupakan proses terjadinya pencemaran lingkungan sehingga mengakiabtkan turunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan serta ketenangan dari makhluk hidup. Polusi terjadi biasanya karena kemajuan teknologi, dimana dalam usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya polusi di golongkan dalam 2 hal:

Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap
Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap

1. Bersifat kuantitatif, yaitu terdiri dari unsur-unsur yang secara ilmiah terdapat di alam akan tetapi jumlahnya semakin bertambah. Biasanya disebabkan oleh bencana alam, perbuatan manusia dan lain – lain, contohnya karbon, nitrogen, fosfor, dan lain-lain.

2. Bersifat Kualitatif, yaitu terdiri dari unsur yang terjadi karena berlangsungnya persenyawaan yang dibuat secara sintetis seperti, detergen, pertisida, dan lain – lain.

Pada umumnya polusi lingkungan ditunjukkan pada faktor yang bersifat fisik, seperti polusi oleh radiasi, suhu, penerangan, dan faktor kimia melalui debu, uap, gas, larutan, awan kabut yang drajadnya tinggi.

Beda dengan Polusi, Polutan merupakan bahan atau benda yang menyebabkan pencemaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara sifatnya polutan dibagikan menjadi empat (4):

1. Polutan fisik, merupakan polutan yang dengan fisiknya dapat mencemarkan lingkunagn seperti pecahan kramik, pecahan kaca, dan besi tua.

2. Polutan Kimiawi, merupakan polutan yang berbentuk senyawa kimia baik senyawa sintetis ataupun yang alami, yang karena konsentrasinya cukup tinggi sehingga menimbulkan pencemaran, seperti Gas, CO2, Logam Pb atau timbal, merkuri, CO, dan SO4.

loading...

3. Polutan Biologis, merupakan polutan yang berbentuk makhluk hidup yang dapat menimbulkan pencemaran, seperti tumbuhan gulma, bakteri, ecoli, dan lainnya.

4. Polutan Sosial Budaya, merupakan polutan yang berbentuk perilaku atau hasil budaya yang tidak sesuai dengan norma sosial budaya setempat, sehingga mengganggu sosial budaya masyarakat, seperti anak-anak yang tawuran di sekitar masyarakat.

Sekian ulasan tentang Pengertian polusi dan polutan beserta contohnya. semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terima kasih telah sempat berkunjung, dan sampai jumpa di artikel penting lainnya.


loading...