Pengertian, Fungsi, dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Pengertian, Fungsi, dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Posted on

Pengertian, Fungsi, dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan pengertian, fungsi hingga proses dari fotosintesis yang terjadi pada makhluk hidup semacam tumbuhan, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini:

Pengertian, Fungsi, dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

a. Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis sendiri berasal dari dua kata yaitu foton yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Maka dapat disimpulkan Fotosintesis merupakan proses penyusunan atau juga pembentukan bahan organik seperti karbohidrat yaitu dari H2O & CO2 dengan bantuan energi cvahaya.

Fotosintesis sendiri dapat dilakukan oleh tumbuhan, alga, & bakteri yang mempunyai kloroplas. Dan hasil dari proses fotosintesis ialah molekul glukosa yang disimpan dalam bentuk pati, amilum, ataupun tepung. Dan secara garis besar, raksi ini dapat dituliskan dengan sebagai berikut :

6CO2 + 6H2O -> C6H12O6 + 6O2

Dan dalam proses fotosintesis daun merupakan komponen utama pada tumbuhan yang sangat berperan penting dalam proses fotosintesis, yaitu klorofil (zat hijau daun) pada daun. Dan klorofil inilah yang akan menyerap energi dari matahari sehingga dapat dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan energi (nutrisi).

Adapun fotosintesis sendiri sangat berperan penting bagi seluruh kehidupan yang ada dibumi. Sebab selain menghasilkan energi, proses ini juga kan dapat menghasilkan oksigen untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

b. Fungsi Fotosintesis

Fungsi utama dari proses fotosintesis ini yaitu untuk memproduksi zat makanan glukosa. Karena glukosa merupakan bahan yang paling penting atau yang utama dalam pembuatan zat makanan seperti lemak & protein pada tumbuhan. Zat tersebut yang nantinya akan menjadi makanan untuk manusia & makhluk hidup lainnya.

Adapun fungsi lain dari proses fotosintesi ialah untuk membersihkan udara dari pencemaran yaitu dengan cara mengurangi kadar kebondioksida di udara karena karbondioksida merupakan bahan yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau utk melakukan fotosintesis. Dan sebagai hasilnya selain zat makanan juga akan menghasilkan Oksigen yang sangat diperlukan untuk keberlangsungan seluruh makhluk hidup di muka bumi.

Kemampuan lainnya dari fotosintesis yaitu tumbuhan pada masa hidupnya akan membuat sisa-sisa tumbuhan tersebut akan tertimbun didalam tanah. Dan timbunan dari tumbuhan tersebut dalam waktu yang sangat lama akan membuatnya menjadi batu bara yang merupakan bahan bakar & sumber energi pada kehidupan modern.

c. Proses Fotosintesis

Bagan fotosintesis
Gambar Bagan fotosintesis

Dari bagan diatas maka dijelaskan proses fotosintesis secara singkat sebagai berikut:

Dalam proses fotosintesis terdapat empat bahan yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Karbohidrat (CO2)
  2. Air
  3. Cahaya Matahari
  4. Klorofil

Karbondikosida sendiri akan diambil oleh Stomata (mulut daun) pada bagian daun tumbuhan dari udara bebas, dan kemudian air diambil melalui akar tumbuhan & diangkut komponen pengangkut pada tumbuhan, yang kemudian Cahaya matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh klorofil (zat hijau daun). Dan semua proses ini akan berlangsung membentuk suatu reaksi & menghasilkan Oksigen serta Glukosa.

Dan setelah terdapat glukosa pada tumbuhan, nutrisi ini selanjutnya akan diubah menjadi lemak, protein, & nutrisi lainnya. Jadi pada proses fotosintesis terjadi reaksi yang sangat kompleks, namun secara singkat reaksinya berlangsung seperti yang telah dijelaskan.

Itulah sekilas tentang Pengertian, Fungsi, dan Proses Fotosintesis pada tumbuhan, semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Baca juga materi lain seputar pendidikan dot com