Pengertian Atmosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Dibumi

Pengertian Atmosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Dibumi

Posted on

Pengertian Atmosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Dibumi – Atmosfer merupakan kata yang sudah sangat sering kita dengar apalagi dalam waktu dekat ini kita sering mendengar bahwa lapisan atmosfer bumi sudah mulai rusak karena perbuatan manusia. Lapisan atmosfer bumi mulai menipisndan berlubang karena pemanasan global. Karenanya banyak menjadi perbincangan dan di kaji oleh banyak ahli untuk menyelamatkan lapisan langit tersebut.

Pengertian Atmosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Dibumi

Atmosfer tersusun dari gas-gas nitrogen dan oksigen. Jika diartikan atmosfer merupakanlapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer berasal dari bahasa yunani yang berarti uap atau gas dan sphaira yang berarti selimut. Atmosfer mempunyai ketebalan kurang lebih 1.000km dari permukaan bumi dan mempunyai masa 59 x 1014 ton. Pada bumi atmosfer terdapat pada ketinggian yang dimulai dari 0 km diatas permukaan tanah sampai sekitar 560km diatas permukaan bumi. Atmosfer mengikuti rotasi bumi dan berevolusi mengelilingi matahari. Atmosfer ialah lapisan yang terdiri atas campuran bermacam-macam gas yang tidak berwarna dan pasti tidak terlihat.

Atmosfer dibagi menjadi lima lspisan: troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer dan eksosfer. Lapisan-lapisan tersebut tidak begitu saja ditemukan akan tetapi harus diukur sesuai dengan ketinggiannya dan menggunakan alat ukur yang berbeda-beda. Pada ketinggian 30km pengukuran dapat dilakukan menggunakan radiosonde. Pada ketinggian antara 30km dan 90km menggunakan roket dan pada ketinggian diatas 90km menggunakan satelit. Sehingga hasil yang di dapat sangat akurat karena menggunakan alat yang disesuaikan dengan ketinggian dan keadaan pada bagian-bagian atmosfer.

Manfaat dari atmosfer :

  1. Penyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari.
  2. Mengurangi suhu ekstrem bumi saat siang dan malam.
  3. Pelindung dari benda-benda ruang angkaa yang akan memasuki bumi seperti meteor yang akan jatuh ke bumi.
  4. Mendistribusikan air ke seluruh permukaan bumi.
  5. Menyediakan oksigen dan karbondioksida.
  6. Sebagai tempat komunikasi.
  7. Pengubah iklim dan cuaca di bumi.

Sekian ulasan dari lapisan atmosfer bumi dan fungsinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.