Limbah Industri Cair
Limbah Industri Cair

Macam-Macam Limbah Industri Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Macam-Macam Limbah Industri Beserta Contohnya Lengkap – Limbah merupakan barang atau benda sisa dari kegiatan produksi dan tidak bermanfaat atau bernilai ekonomi lagi. Limbah itu sendiri dari tempat asalnya bisa beraneka ragam, ada yang limbah rumah tangga, limbah dari pabrik besar dan ada juga limbah dari kegiatan tertentu. Dan dalam dunia masyarakat yang semakin maju & modern, peningkatan akan jumlah limbah yang semakin meningkat. Logika yang mudah seperti ini; dahulunya manusia hanya memanfaatkan jeruk nipis untuk bisa mencuci piring, akan tetapi sekarang manusia sudah lebih memilih untuk menggunakan sabun untuk mencuci piring sehingga peningkatan limbah tak bisa dielakkan lagi.

Adapun pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa contoh dari limbah industri atau pabrik baik itu berupa cair, Pada maupun Gas, dan berikut ini merupakan beberapa contoh yang berhasil kami dapatkan dari beberapa sumber terpecaya, silahkan disimak:

Macam-Macam Limbah Industri

1. Limbah Industri Cair

Limbah Industri Cair
Limbah Industri Cair

Limbah industri cair merupakan limbah atau pencemaran yg di keluarkan oleh pabrik yg berbentuk cair, dan biasanya di buang langsung kesaluran perairan, kali atau pun selokan.

Contohnya :

Sisa pewarna pakaian cair, Pengawet cair, Kandungan Besi pada air, Kebocoran Minyak dilaut, Sisa bahan kimia dan masih banyak lainnya.

2. Limbah Industri Padat

Limbah Industri Padat
Limbah Industri Padat

Limbah Industri padat merupakan hasil buangan dari industri yg berupa padatan, lumpur ataupun bubur yg berasal dari suatu proses pengolahan, ataupun sampah yg dihasilkan dari kegiatan industri, serta dari tempat-tempat umum

Contohnya :

loading...

Plastik , kantong, Sisa Pakaian atau kain, sisa atau sampah elektronik, kertas, kabel, besi dan masih banyak lagi contoh lainnya.

3. Limbah Gas

Limbah Gas
Limbah Gas

Definisi Limbah Industri gas merupakan limbah yg disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yg berbentuk molekul-molekul gas & pada umumnya memberikan dampak yang buruk terhadap kehidupan makhluk hidup dan lingkungan

Contohnya :

Pembakaran Pabrik, Kebocoran Gas, Asap, Dan masih banyak lagi.

Adapun contoh lainnya ialah sebagai berikut :

Limbah organik cair atau padat akan banyak dihasilkan oleh industri pengolahan makanan, sedangkan limbah anorganik seperti logam berat dihasilkan oleh industri tekstil, Industri yang melakukan proses pembakaran menghasilkan limbah gas.

Itulah sekian ulasan dari contoh limbah industri, semoga artikel diatas bermanfaat dan menyadarkan kita akan bahayanya limbah yang semakin lama semakin tak terbendung jumlahnya, terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.