Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Secara Umum

Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Secara Umum

Posted on

Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Secara Umum – Filsafat merupakan ilmu tentang fenomena dalam kehidupan serta pemikiran manusia yang kritis dan dijabarkan dalam konsep yang mendasar.

Kata filsafat dalam  sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu terdiri dari kata phileien yang artinya cinta serta sophia yang atrinya kebijaksanaan. Secara umum filsafat ialah ilmu yang menyelidiki hakekat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran.

Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Secara Umum

Arti pancasila sebagai filsafat sendiri merupakan sama dan menetap bagi seluruh tumpah darah Indonesia. Tidak ada tempat bagi masyarakat Indonesia yang pro maupun kontra, karena Pancasila sendiri telah ditetapkan sebagai filsafat bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut perli dikaji tentang ilmu-ilmu yang erat kaitannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut fungsi pancasila sebagai filsafat secara umum:

1. Fungsi pancasila sebagai filsafat dalam kehiduoan bernegara, harus memberikan jawaban yang mendasar tentang hakikat kehidupan barnegara.

2. Mampu memberikan serta mencarikan kebenaran yang subtansi tentang hakikat negara, ide negara serta tujuan negara. Dasar negara kita terdapat lima dasar dimana setiap silanya berkaitan dengan sila yang lainnya dan merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak berbagi atau tidak terpisahkan.

loading...

3. Mampu menjadi perangkat serta pemersatu berbagai ilmu yang dikembangkan di Indonesia. Fungsi dari filsafat akan terlihat jelas apabila dinegara tersebut sudah berjalan keteraturan kehidupan bernegara.

Sekian ulasan tentang Fungsi Pancasila Sebagai filsafat semoga dapat bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.


loading...