21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah Dunia

21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah Dunia

Posted on

21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah Dunia – Sejarah berasal dari bahasa yunani “historia” yang berarti penyelidikan, pengetahuan yang didapat memalui suatu penelitian. Maka sejarah adalah studi tentang masa lalu khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia sejarah dapat diartikan sebagai kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau atau asal usul keturunan (silsilah), terutama bagi raja-raja yang memerintah. Supaya lebih memahami tentang sejarah kami akan memberikan beberapa penjelasan dari para ahli dari sudut pandang yang berbeda namun satu tujuan, dan berikut ulasannya:

21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah Dunia

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli :

1. J.V Bryce, menjelaskan bahwa sejarah merupakan catatan dari apa yang telah difikirkan, dikatakan, serta diperbuat oleh manusia.

2. W.J.S Poerwodarminta dalam kamus umum bahasa Indonesia, menjelaskan bahwa sejarah itu mengandung tiga pengertian yaitu:

  1. Sejarah merupakan esusastraan lama silsilah dan asal usul
  2. Sejarah merupakan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau
  3. Sejarah merupakan ilmu pengetahun

3. Herodotus menjelaskan bahwa sejarah merupakan satu kajian untuk menceritakan suatu suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradapan.

4. J. Bank menjelaskan bahwa sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lampau. Sejarah juga dapat membantu pasa siswa untuk mengetahui atau memahami perilaku manusia pada masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Semua peristiwa atau kejadian yang dimaksud merupakan peristiwa atau kejadian yang berkaitan dengan manusia dan didalamnya terdapat bagaimana manusia berperilaku.

5. R. Moh, Ali menjelaskan dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia beliau menegaskan bahwa kata sejarah memiliki bebeapa arti:

  1. Sejarah merupakan sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  2. Sejarah merupakan cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  3. Sejarah merupakan ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

6. R.G. Collingwood menjelaskan bahwa sejarah merupakan sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

7. Sunnal dan Haas menjelaskan bahwa sejarah merupakan studi kronologis dengan menafsirkan dan mencari arti dari peristiwa dan berlalu metode sistematis untuk mengungkap kebenaran.

8. Drs. Sidi Gazalba menjelaskan bahwa sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap yang meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian serta kepahaman tentang apa yang berlaku.

9. Patrick Gardiner, menurutnya sejarah merupakan ilmu yang mempelajari apa ynag telah diperbuat oleh manusia.

10. Costa menurutnya sejarah dpat didefinisikan sebagai record of the whole human experinence. Dimana pada hakikatnya sejarah itu sendiri merupakan catatan dari seluruh pengalaman baik secara individu maupun kolektif bangsa dimana masa salu tentang kehidupan umat manusia.

11. Moh. Yamin menjelaskan bahwa sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenytaan.

12. Taufik Abdullah menuturkan bahwa sejarah harus diartikan sebagai tindakan manusia dalam jangka watu tertentu dimasa lampau yang dilakukan ditempat tertentu.

13. Gustafson menjelaskan bahwa sejarah merupakan puncak gunung dari pengetahuan manusia yang mana perbuatan generasi kita mungkin telah direkam dan dipsadang kedalam dimensi yang tepat.

14. Satno Kartodirdjo menjelaskan bahwa sejarah ialah bentuk penggambaran pengalaman kolektif dimasa lampau dan untuk mengungkapkannya bisa melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu.

15. Ismaun menjelaskan bahwa sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan tentang kisah mengenai peristiwa yang benar-benar terjadiatay berlangsung dalam segala aspeknya pada masa yang lampau.

16. Norman E. Cantor menjelaskan bahwa sejarah merupakan studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan dan difikirkan oleh manusia dimasa lalu.

17. Leopold Von Ranke, menurutnya sejarah dimaknai sebagai kisah mengenai berbagai peristiwa dan aktifitas manusia yang hisup dalam masyarakat.

18. Nugroho Noto Susanto, menurutnya sejarah ialah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dan terjadi pada masa lampau. Sejarah berati pula kisah yang mengenai segala peristiwa yang disusun berdasarka peninggalan -peningglan dari berbagai persitiwa.

19. Sir Charles Firth mengemukakan bahwa sejarah merekam kehidupan masyarakat menusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatsai aksi-aksi masyarakat dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembanagnnya.

20. Jan Romein, menurutnya kata sejarah memiliki arti yang sama dengan kata histori dan geschichte (bahasa jerman) yakni cerita tentang kejadian atau poristiwa yang terjadi di masa lalu.

21. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sejarah merupakan:

  1. Asal usul keturunan atau silsilah.
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi dimasa lampau, riwayat, tamboh, cerita.
  3. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Itulah ulasan dari pengertian sejarah menurut para ahli yang mungkin bermanfaat, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi.