Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata
Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata

Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata

Posted on

Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata – Pada kali ini Seputar Pendidikan akan mengulas Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan. Silahkan disimak

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi merupakan usaha untuk bisa mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Adapun Pengertian lain dari Prinsip Ekonomi ialah suatu usaha atau tindakan dalam mendapatkan suatu kepuasan kebutuhan tertentu dengan pengorbanan yang se seminimal mungkin, prinsip ini mengarahkan kepada tindakan agar dapat mencapai ke epetifan serta ke efesienan yang tinggi.

Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata
Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Nyata

Contoh Prinsip Ekonomi

Contoh apabila hendak membeli suatu barang pasti pada awalnya akan membandingkan harga barang tersebut dari toko satu dengan toko yang lainnya. Dan selanjutnya mencari barang yang harganya memiliki diskon atau ada potongan harga, & belajar hidup hemat. Dan itulah beberapa contoh penerapan prinsip ekonomi.

Dan berikut ini merupakan ciri-ciri dari prinsip ekonomi

  1. Selalu hemat
  2. Selalu bisa mentukan kebutuhan yang terpenting dahulu atau kebutuhan yang mendesak & di urutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  3. Bertindak dengan rasional & ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang.
  4. Bertindak dengan prinsip pengeluaran biaya di ikuti dengan hasil yang di dapatkan.

Dan berikut ini merupakan Jenis dalam prinsip ekonomi

Adapun jenis-jenis dari prinsip ekonomi, diantaranya ada tiga macam dan berikut ini penjelasannya:

1. Prinsip produsen merupakan prinsip ekonomi yang menentukan bahan baku, alat produksi maupun biaya produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi, dan yang tentunya akan ditekan serendah mungkin dengan dapat menghasilkan produk atau barang yang berkualitas bagus.

2. Prinsip penjual atau pedagang merupakan prinsip ekonomi yang melakukan berbagai macam usaha untuk dapat memenuhi selera dari kosumen, tentunya dengan promosi atau dengan berbagai macam iklan, reward hadiah, dll untuk meraup banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.

3. Prinsip pembeli merupakan prinsip dalam ekonomi, dan bagaimana cara untuk mendapatkan produk atau barang maupun jasa yang bermutu & memiliki kualitas yang baik dengan harga serendah mungkin atau dengan mengeluarkan jumlah uang yang sedikit.

Dan berikut ini merupakan hal yang ditimbulkan karena prinsip ekonomi

Dan hal yang dapat ditimbulkan karena prinsip ekonomi, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

1. Bertindak ekonomis, merupakan tindakan seseorang atau manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, dengan tindakan yang rasional, yakni untuk setiap tindakan melalui pemikiran atau yang di pikirkan secara matang terlebih dahulu & selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Seseorang dapat dikatakan bertindak secara ekonomis apabila berhasil mendapat keseimbangan antara hasil & pengorbanan, yakni kebutuhannya dapat terpenuhi sebaik mungkin & pengorbanan atau biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.

2. Berpikir ekonomis, yaitu bukan hanya bagaimana cara memakai sumber yang telah ada (dari alam), misal: menggunakan hasil yang di dapatkan dari alam lalu dihabiskan begitu saja dikonsumsi untuk bisa memenuhi keperluan sehari-hari, namun bagaimana cara melakukan nilai hasil dari apa yang didapat dari alam supaya memiliki nilai guna yang lebih baik lagi, untuk mengimbangi keperluan atau kebutuhan yang akan semakin kesini semakin meningkat. & seseorang dapat di katakan ekonomis jika orang tersebut telah melakukan tindakan produksi.

Itulah sekilas tentang Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga :
Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi