Pengertian Integrasi dan 2 Bentuk Integrasi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Pengertian Integrasi dan 2 Bentuk Integrasi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Posted on

Pengertian Integrasi dan 2 Bentuk Integrasi Sosial Serta Ciri-Cirinya – Pada kesempatan kali saya akan membahas Pengertian Integrasi Dan Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial, silahkan disimak!!!

Integrasi sosial secara sosiologis merupakan suatu proses penyesuaian diantara unsur-unsur sosial yang saling berbeda, yaitu seperti norma, nilai, pranata, sistem religi, peranan sosial, lembaga sosial dan lainnya yang menghasilkan pola kehidupan yang sesuai & serasi yang fungsinya bagi masyarakat.

Pengertian Integrasi dan 2 Bentuk Integrasi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Pengertian integrasi sendiri dipandang dari segi politis merupakan suatu proses yang menyatukan berbagai kelompok sosial, aliran, & kekuatan-kekuatan lainnya dari seluruh wilayah tanah air guna untuk mewujudkan kehidupan berbangsa & bernegara yang sehat, dinamis, berkeadilan sosial, demokratis dengan berdasarkan pancasila & UUD 1945. Integrasi ini juga sering disebut dengan integrasi nasional.

Dan berikut ini merupakan Bentuk-Bentuk dari Integrasi Sosial:

1. Integrasi Instrumental, merupakan integrasi yang tampak secara visual dari adanya ikatan-ikatan sosial diantara individu-individu didalam masyarakat. Adapun cirri-ciri integrasi instrumental adalah sebagai berikut:

  1. Adanya norma atau kepentingan tertentu sebagai pengikat atau instrument
  2. Adanya keseragaman aktivitas keseharian
  3. Adanya keseragaman pakean
  4. Adanya tujuan tertentu yang disesuaikan dengan kepentingan kelompok.

2. Integrasi Ideologis, merupakan suatu bentuk integrasi yang tidak terlihat atau tak nampak secara visual yang terbentuk dari ikatan spiritual atau ideologis yang kuat & mendasar melalui proses alamiah tanpa adanya suatu paksaan & ikatan. Interaksi ieologis ini juga menggambarkan adanya suatu kesepahaman dalam nilai-nilai, persepsi, serta tujuan diantara orang-orang yang terikat menjadi satu kesatuan sosial. Dan Adapun ciri-ciri integrasi ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya persamaan nilai-nilai yang mendasar yang terbentuk atas kehendak sendiri & bukan atas dasar adanya ikatan atau paksaan.
  2. Adanya persamaan persepsi, yakni suatu pandangan yang diilhami oleh nilai-nilai yang sama diantara anggota kelompok.
  3. Adanya persamaan orientasi kerja diantara anggota kelompok.
  4. Adanya tujuan yang sama yang mengacu pada prinsip-prinsip ideologis yang dianut.

Sekian ulasan tentang Pengertian Integrasi Dan Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.