Diagram Garis
Diagram Garis

Pengertian Diagram Beserta Jenis dan Contonya Lengkap

Posted on

Pengertian Diagram Beserta Jenis dan Contonya Lengkap – Diagram merupakan grafik atau gambar yang berisi keterangan dan memberikan penjelasan atas sarana, prosedur atau kegiatan yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram pula dapat berarti gambaran atau sketsa atau buram yang mengguanakan gambar berbentuk garis atau simbol untuk menerangkan atau memperlihatkan sesuatu.

Diagram berfungsi untuk mempermudah dalam memperinci data yang berisi angka-angka. Diagram biasa dipergunakan untuk memperpendek atau meringkas informasi dalam presentasi data atau hal lainnya.

Jenis-Jenis Diagram

Diagram Garis

– Diagram Garis: diagram ini menyajikan data statistik dengan menggunakan garis yang melakukan pengamatan atau penelitian dari waktu ke waktu denagn berurutan. Pada sumbu X menunjukan waktu penelitian atau pengamatan serta sumbu Y menunjukan nilai-nilai data penelitian untuk waktu tertentu. Gabungan dari waktu dan penelitian tersebut akan membentuk titik XY.

Diagram Garis
Contoh Diagram Garis

Diagram Lingkaran

– Diagram Lingkaran: diagran ini menyajikan data statistik dengan gambar lingkaran . Lingkaran tersebut akan dibagi beberapa bagian yang akan menyatakan hasil nilai dalam bentuk persen.

Diagram Lingkaran
Contoh Diagram Lingkaran

Diagram Batang

– Diagram Batang: diagram ini menyajikan kuantitas atau bilangan yang digambarkan dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Biasamya diagram batang menunjukan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam waktu tertentu. Diagram ini menunjukan batang-batang yang tegak lurus, mendatar dan sama lebar dengan posisi batang-batang terpisah.

Diagram Batang
Contoh Diagram Batang

Diagram Batang Daun

– Diagram Batang Daun: diagram ini berfungsi sebagai contoh penyebaran data dimana data akan diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke yang terbesar. Diagarm ini terbagi menadi dua yaitu diagram batang dan diagram daun. Diagram batang daun berisi angak puluhan dan bagain daun berisi angka satuan.

Diagram Batang Daun
Contoh Diagram Batang Daun

Diagram Kotak Garis

– Diagram Kotak Garis: diagram ini menyajikan data statistik yang akan dipakai untuk menampilkan diagram kotak garis yakni statistik lima serangkai, yang tersusun dari data ekstrim atau data terkecil dan data terbesar. Q1, Q2, Q3.

loading...
Diagram Kotak Garis
Contoh Diagram Kotak Garis

Diagram Gambar atau piktogram

– Diagram Gambar atau piktogram: diagram ini menyajikan data yang menampilakn gambar untuk mewakilkan benda yang sesungguhnya.

Diagram Gambar atau piktogram
Contoh Diagram Gambar atau piktogram

Nah itu lah pengertian pengenai diagram beserta jenis dan contohnya, semoga artikel ini dapat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas dirumah. Terima Kasih 🙂


loading...