Pengertian dan 5 Langkah Metode Ilmiah

Pengertian dan 5 Langkah Metode Ilmiah

Posted on

Pengertian dan 5 Langkah Metode Ilmiah – Kali ini kami akan menjelaskan Pengertian metode ilmiah dan langkah langkah metode ilmiah pada blog ini, silahkan disimak penjelasannya berikut ini:

A. Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah atau juga dalam bahasa inggris dikenal dengan Scientific method merupakan proses dalam berpikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris, dan terkontrol.

Pengertian dan 5 Langkah Metode Ilmiah

Metode ilmiah sendiri berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban. Proses dalam berpikir ilmiah dalam metode ilmiah sendiri tidak berangkat dari sebuah asumsi atau simpulan, bukan dengan berdasarkan data atau fakta khusus. Proses berpikir dalam memecahkan suatu masalah lebih berdasarkan kepada masalah nyata. Dan untuk memulai suatu metode ilmiah, maka dengan demikian pertama-tama harus dirumuskan masalah apa yang sedang dihadapi & apa yang sedang dicari pemecahannya. Rumusan dari permasalahan ini akan menuntun proses selanjutnya.

1. Metode ilmiah dengan proses berpikir dilakukan secara sistematis

Pada Metode Ilmiah, proses berpikir dilakukan secara sistematis dengan bertahap, tidak berliku atau zig-zag. Proses berpikir yang sistematis ini bermulai dari kesadaran akan adanya masalah hingga terbentuk sebuah kesimpulan. Dan pada metode ilmiah, proses berpikir dilakukan sesuai langkah-langkah metode ilmiah secara sistematis & berurutan.

2. Metode Ilmiah didasarkan pada data empiris

Setiap metode ilmiah selalu disandarkan pada data empiris. maksud disini ialah, bahwa masalah yang akan ditemukan pemecahan atau jawabannya harus tersedia datanya, yang mana diperoleh dari hasil pengukuran secara objektif. Ada atau tidak tersedia data empiris tersebut merupakan salah satu kriteria penting dalam metode ilmiah. Dan apabila sebuah masalah dirumuskan lalu dikaji dengan tanpa data empiris, maka itu bukanlah bentuk metode ilmiah.

3. Metode ilmiah dengan proses berpikir yang dilakukan secara terkontrol

Di saat melaksanakan metode ilmiah proses dalam berpikir dilaksanakan secara terkontrol. Maksudnya disini ialah, dalam berpikir secara ilmiah itu dilakukan secara sadar & terjaga, jadi apabila terdapat orang lain yang juga ingin membuktikan kebenarannya dapat dilakukan seperti apa adanya. Dan Seseorang yang berpikir ilmiah tidak melakukannya dalam keadaan berkhayal atau bermimpi, akan tetapi dilakukan secara sadar & terkontrol.

loading...

B. Langkah-Langkah dalam Metode Ilmiah

Karena metode ilmiah ini dilakukan secara sistematis & berencana, maka dari itu terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan secara urut dalam pelaksanaannya. Dan setiap langkah atau tahapannya dilaksanakan secara terkontrol & terjaga.
Dan adapun langkah-langkah dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan masalah.
  2. Merumuskan hipotesis.
  3. Mengumpulkan data.
  4. Menguji hipotesis.
  5. Merumuskan kesimpulan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian metode ilmiah dan langkah langkah metode ilmiah, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih