Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya

Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya

Posted on

Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya – Perangkat Lunak atau software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer, dan data yang disimpan oleh komputer tersebut dapat berupa program atau intruksi yang berfungsi untuk menjalankan perintah.

Dan perangkat lunak pada sistem komputer juga terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis serta fungsinya. Dan berikut ini merupakan Macam-macam perangkat lunak (software) beserta dengan pengertian tiap-tiap perangkat lunak yang pada umumnya ditemui dalam sistem komputer:

Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya

1. Perangkat lunak aplikasi (application software) merupakan suatu subkelas dari perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan dari komputer secara langsung, dan untuk melakukan tugas sesuai dengan yang di inginkan oleh penggunanya. Dan program ini dibuat oleh seorang programmer dan telah disesuaikan dengan kebutuhan user atau pemakainya.

2. Sistem operasi (Operating System) merupakan program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga dapat mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor dll. Sistem operasi ini sendiri difungsikan sebagai penghubung antara manusia dengan Hardware (perangkat keras) dan Software (Perangkat lunak) yang akan digunakan.

Dan fungsi utama dari Sistem Operasi ialah sebagai berikut :

  1. Menyimpan program & aksesnya.
  2. Membagi tugas didalam CPU.
  3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
  4. Merekam sumber-sumber data.
  5. Mengatur memori sistem termasuk menyimpanan, menghapus & mendapatkan data.
  6. Kesalahan pada sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95?, Windows ’98?, Windows NT”, /2000/XP.
  7. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan sandi (password) dan penggunaan ID.

3. Perangkat lunak gratis (Freeware) merupakan perangkat lunak pada komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, yang sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar, contoh misal, setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan.

loading...

4. Perangkat lunak uji coba (Shareware atau Trialware) merupakan program yang terbatas, atau program di distribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu pemakaian yang telah ditetapkan oleh pembuat, contoh dengan masa 30 hari yang biasa disebut dengan masa trial. Dan dengan demikian, dapat memberikan pengguna kesempatan untuk menguji sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap.

5. Perangkat lunak perusak (Malware) merupakan perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware sendiri bekerja dengan mengganggu kinerja dari software yang dapa pada sistem komputer. Perangkat lunak ini biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lainnya, dan apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat HP (hardware portable) seperti USB flashdisk, card reader atau Floppy disk (disket).

6. Bahasa pemrograman (programming language) merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, dan agar diterima oleh komputer.

7. Program Bantu (Utility) merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi yang membantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misal memformat disket, mengcopy data, mengkompres file, dll.

Itulah sekilas Macam Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


loading...