Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya
Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya

Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya

Posted on

Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya – Pada kesempatan bahagia ini kami akan mengulas Unsur-unsur cuaca & Iklim beserta penjelasannya. Semoga sajian kali ini memberikan manfaat bagi para pembaca. Silahkan Disimak ulasan beberapa unsur dari cuaca & iklim berikut ini:

1. Sinar Matahari

Matahari menyinari Bumi, dan peroses matahari yang menyinari bumi ini disebut insolasi. Dan akibatnya penyinaran tersebut, maka terjadilah pemanasan dipermukaan bumi. Dan proses tersebut dinamakan radiasi. Radiasi dari matahari tersebut menjadi sumber panas utama bagi Bumi.

Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya
Unsur Unsur Cuaca Dan Iklim Lengkap Penjelasannya

2. Suhu atau Temperatur

Terjadinya perbedaan tingkat pemanasan matahari ke permukaan bumi, yang menyebabkan beberapa kawasan akan memiliki perbedaan suhu atau temperatur dengan kawasan lainnya. Dari sebagian panas yang sampai ke permukaan bumi ada yang diserap dan sebagian dipantulkan. Pantulan inilah yang akan mempengaruhi suhu dikawasan tersebut. Dengan penjelasan pada kawasan dengan posisi 0-230 LU & LS akan mengalami pemanasan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kawasan lainnya, akibatnya suhu dikawasan tersebut cukup tinggi. Hal ini dikarenakan penyinaran yang terjadi secara tegak lurus. Sedangkan kawasan yang berapa pada posisi 230-400 LU & LS memiliki suhu yang relatif sedang, dikarenakan sudut penyinaran jauh lebih rendah dibandingkan dengan kawasan dengan posisi 0-230 LU & LS. Beda lagi halnya dengan kawasan yang berada pada lintang dekat kutub akan bersuhu rendah dikarenakan penyinaran yang lebih miring lagi.

3. Kelembapan Udara

Pemanasan yang terjadi pada permukaan bumi, mengakibatkan air yang ada pada permukaan bumi, baik itu didaratan maupun dilautan, akan mengalami penguapan dan termuat ke udara. Dan kandungan uap yang ada pada udara inilah yang dinamakan kelembapan udara. Kelembapan ini pula dapat berubah-ubah, tergantung pada pemanasan yang sedang terjadi. Semakin tinggi suhu di suatu kawasan, maka akan tinggi pula tingkat kelembapan udara dikawasan tsb. Hal ini terjadi karena udara yang mengalami pemanasan dan merenggang dan terisi oleh uap air.

4. Tekanan Udara

Merupakan suatu gaya yang timbul dikarenakan adanya berat dari lapisan udara. Udara sendiri merupakan kumpulan gas yang mana masing2 memiliki massa & menempati ruang. Karena massa yang dimilikinya, udarapun memiliki tekanan. Suhu dikawasan sangat berpengaruh terhadap tekanan udara dikawasan tsb. Jika suhu semakin tinggi, maka tekanan udara akan semakin rendah. Hal ini disebabkan udara yang hangat bersifat renggang. Dan sebaliknya jika suhu semakin rendah, maka tekanan udara akan semakin tinggi dikarenakan udara yang dingin jauh lebih padat daripada uaadara yang panas. Jadi suhu sangat menentukan perbedaan tekanan udara pada tiap kawasan yang berbeda di muka bumi.

5. Angin

Dapat diketahui bahwa kawasan di bumi ini tidaklah sama. Dikarenakan adanya perbedaan pada tekanan udara pada kawasan yang berbeda, maka udara yang berada pada salah satu kawasan tersebut akan bergerak kekawasan lainnya. Udara akan bergerak dan pindah dari satu daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah untuk mengisi ruang. Maka udara bergerak pindah dari daerah yang dingin ke daerah yang jauh lebih panas. Dan udara yang bergerak dan pindah tersebut disebut Angin.

6. Curah Hujan

Dalam pengertiannya, Hujan merupakan proses dimana jatuhnya ari (H2O) dari udara ke permuakaan bumi. Air yang jatuh tersebut dapat berbentuk cair maupun padat (salju atau es). Hujan terjadi karena adanya penguapan air yang disebabkan oleh pemanasan sinah matahari. Uap-uap air akan naik ke atmosfer & mengalami kondensasi yang membentuk awan, yang lama kelamaan awan akan memberat, dikarenakan kandungan airnya makin banyak. Jika uap di awan telah mencapai jumlah tertentu. Maka titik-titik air pada awan tsb akan jatuh sebgai hujan.

7. Awan

Awan merupakan kumpulan besar dari titik-titik air atau kristal-kristal es yang halus di atmosfer. Di saat Musim kemarau sedikit sekali kita menjumpai awan di udara, dikarenakan penguapan yang terjadi sedikit, namun pada saat musim hujan dapat kita jumpai banyak sekali awan dikarenakan banyaknya kandungan uap air di udara.

Itulah sekilas tentang Unsur-unsur dari cuaca dan iklim. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli