Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap

Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap

Posted on

Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap – Bicara soal vitamin tubuh kita sangat memerlukan vitamin, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian, macam serta fungsi dari vitamin. Silahkan simak ulasannya berikut ini:

Pengertian Vitamin

Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik yang sangat diperlukan oleh tubuh yang memiliki peranan penting dalam mengatur proses metabolisme. Vitamin tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Akan tetapi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin dengan jumlah yang sedikit, tetapi terus-menerus. Vitamin sendiri berfungsi sebagai pertumbuhan sel, mengatur dan memperbaiki fungsil alat tubuh, dan mengatur penggunaan makkanan dan energi.

Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap

Macam-Macam Vitamin

Secara umum vitamin dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Vitamin yang dapat larut dalam Lemak. yaitu : Vitamin A, D, E, K dan biasa disingkat ADEK (Agar lebih mudah untuk diingat).
  2. Vitamin yang Larut di dalam air, yaitu : Vitamin B dan C

Dan berikut ini merupakan macam-macam vitamin yang telah disebutkan diatas beserta fungsi dan sumbernya:

a. Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis Vitamin yang larut dalam lemak, dan pertama yang ditemukan secara luas. Vitamin A juga dikenal juga dengan Nama Retinol.

Fungsi daru Vitamin A, yaitu : Berperan dalam Penglihatan, serta merupakan salah satu dari komponen yang penyusun pigmen mata. Serta selain itu berperan penting untuk menjaga kesehatan, kekebalan tubuh, pertumbuhan serta perkembangan dan sangat baik supaya menjaga kesehatan kulit.

loading...

Sumber-sumber dari Vitamin A

Sumber Hewani yaitu : Hati, Kuning telur, susu, mentega dan minyak ikan.

Sumebr Nabati : Karoten, merupakan sayuran yang berwarna hijau, serta buah-buahan yang berwarna kuning contoh seperti Wortel, pisang dan pepaya.

Penyakit yang diakibatkan Kekurangan Vitamin A

Apabila Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan gangguan dalam penglihatan, rabun senja, katarak serta penurunan daya tahan tubuh.

b. Vitamin B

Vitamin B (B kompleks) dikelompok dalam beberapa golongan dan secara umum manfaat dari vitamin B sangat berperan penting dalam metabolisme tubuh, terutama dalam hal dalam pelepasan energi pada saat kita melakukan aktivitas. Adapun peranan Vitamin B di dalam tubuh ialah sebagai senyawa koenzim yang mana dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme dari tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi. Dan Selain itu ada beberapa jenis-jenis vitamin B juga berperan dalam pembentukan sel darah merah

Sumber dari vitamin B berasal dari susu, gandum, ikan, serta sayur-sayuran hijau. Dan berikut ini jenis dan kelompok golongan dari Vitamin B, yaitu sebagai berikut:

A. Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki nama lain Tiamin Hidroklorida, salah satu dari jenis vitamin yang memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan kulit serta membantu proses untuk pembakaran karbohidrat menjadi energi, serta membantu proses dalam metabolisme protein dan lemak serta masih banyak lagi fungsi Vitamin B1 lainnya.

Jenis penyakit yang akibatkan dari kekurangan vitamin B1

  1. Gangguan pada kulit, contoh seperti kulit kering dan bersisik.
  2. Dapat mengalami penyakit beri-beri
  3. Gangguan fungsi pada saluran pencernaan, jantung, dan sistem saraf.

Sumber Vitamin B1

Jenis-jenis makanan yang memiliki banyak mengandung Vitamin B1, yaitu seperti gandum, nasi, daging (hati), susu, telur, dan kacang-kacangan.

B. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki nama lain Riboflavin. Fungsi dari vitamin B2 pada tubuh yaitu berperan penting dalam metabolisme. Vitamin B2 juga berperan sebagai komponen Koenzim Flavin Mononukleotida serta Flavin Adenine Dinukleotida. Kedua enzim tersebut sangat berperan penting dalam regenerasi energi untuk atau bagi tubuh, dan oxsidasi asam lemak serta juga berperan dalam pembentukan sel darah merah dan menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, yakni seperti kulit, rambut, dan kuku.

Sumber-sumber dari Vitamin B2

Makanan yang merupakan sumber dari vitamin B2, yaitu antara lain, seperti sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

Jenis Penyakit yang diakibatkan kekurangan Vitamin B2

Menyebabkan Daya tahan tubuh akan menurun, kulit kering dan bersisik, mulut kering, serta bibir pecah-pecah.

C. Vitamin B3

Vitamin B3 memiliki nama lain Niasin. Vitamin B3 memiliki fungsu yang berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak serta protein agar dapat menghasilkan energi. Vitamin B3 juga sangat berperan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan penyembuhan migrain. selain itu juga jenis vitamin ini ikut terlibat dalam menetralisir racun/ keracunan pada tubuh.

Sumber-sumber Vitamin B3

Dari makanan daging hewani seperti hati, ginjal, ikan dan daging unggas. Adapun sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini, ialah gandum dan kentang manis.

Jenis Penyakit Kekurangan vitamin B3

Dapat menyebabkan kekejangan, keram otot, gangguan sistem pencernaan, muntah-muntah, sampai mual.

D. Vitamin B5

Vitamin B5 mempunyai nama lain asam pantotenat. Vitamin B5 berfungsi berperan dalam reaksi Enzim pada tubuh dan reaksi pemecahan nutrisi makanan. selain itu pula memiliki fungsi lain dari vitamin ini ialah sebagai neurotransmiter antara sistem saraf pusat dan otak serta membantu memproduksi senyawa asam lemak dan hormon tubuh.

Sumber-sumber dari Vitamin B5 

Seperti Makanan hewani, mulai dari itu daging, susu, ginjal, dan hati hingga makanan nabati, seperti sayuran hijau serta kacang hijau.

E. Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki nama lain yaitu Piridoksin yang merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh, adapun selain itu juga memiliki fungsi sebagai sintesis energi dan juga berperan dalam metabolisme nutrisi serta memproduksi antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh (imun).

Sumber-sumber Vitamin B6

Adapada beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

Jenis Penyakit akibat kekurangan Vitamin B6

Dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, insomnia, dan kram otot.

F. Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki nama lain yaitu Kobalamin, Vitamin jenis ini hanya Khusus diproduksi oleh hewan dan tidak dapat ditemukan pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan.

Fungsi dari Vitamin B12

Berperan dalam metabolisme energi tubuh, dan ikut menjaga serta memelihara kesehatan sel saraf, daan ikut berperan dalam pembentukan molekul DNA serta RNA.

Sumber-sumber Vitamin B12

Didapat dari Telur, hati, dan daging yang merupakan sumber makanan baik agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Jenis penyakit akbiat kekurangan vitamin B12

Dapat menyebabkan Penyakit Anemia atau kekurangan darah, iritasi pada kulit dan mudah lelah.

c. Vitamin C

Vitamin C memiliki nama lain asam askorbat, banyak sekali manfaat dari vitamin C bagi kesehatan tubuh kita. yaitu berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting dalam penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong organ lain. Selain itu juga Vitamin C merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga meminimalisir risiko terjadinya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker Servik, kanker payudara dan berbagai jenis penyakit degeneratif lain.

Vitamin C juga berperan untuk menjaga kebugaran tubuh serta mencegah penuaan diri, sangat baik dan bermanfaat untuk kecantikan kulit bisa mencegah mencegah berbagai jenis penyakit dan infeksi.

Sumber-sumber Vitamin C

Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, tomat, semangka, Jambu dan sayur-sayuran lainnya

Jenis Penyakit akibat kekurangan Vitamin C

Mengakibatkan Gusi berdarah dan nyeri pada persendian, serta kurangnya imunitas tubuh. Apabila kelebihan konsumsi vitamin C berdampak buruk terhadap ginjal dan gangguan saluran pencernaan.

d. Vitamin D

Vitamin D meupakan jenis vitamin yang sangat mempengaruhi bagian tulang.

Adapun Sumber dari Vitamin D banyak kita temukan pada jenis makanan, seperti ikan, telur, susu, dan keju. sel kulit akan memproduksi Vitamin ini disaat terkena cahaya matahari.

Dan manfaat dan fungsi dari Vitamin D ialah mempengaruhi pertumbuhan tulang, membantu metabolisme kalsium serta mineral penting untuk tulang.

Apabila mengalami kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh dan kaki yang tidak normal, seperti betis kaki akan membentuk huruf O dan X. selain itu jika kurangnya vitamin D dapat menyebabkan gigi mudah mengalami kerusakan, serta hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang yang berakibat rapuhnya kekuatan tulang.

e. Vitamin E

Fungsi dari Vitamin E ialah berperan sebagai anti oksidan alami yang untuk menjaga kesehatan berbagai jaringan pada tubuh, yaitu mulai dari mata, sel darah merah, hati dan jaringan kulit,. karena itu Vitamin E dapat menghambat atau mencegah penuaan dini.

Sumber dari Vitamin E banyak ditemui pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

Apabila kekurangan vitamin E akan menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat fatal bagi tubuh seperti kemandulan dan keguguran, Mengkonsumsi vitamin E sangat penting bagi tubuh baik pria maupun wanita serta vitamin ini mempengaruhi kehamilan

f. Vitamin K

Merupakan Vitamin yang larut dalam Lemak, yang berfungsi berperan dalam pembekuan darah dan berpengaruh terhadap penutupan luka.

Sumber Vitamin K

Makanan seperti Sayur-sayuran hijau, brokoli, kol, hati, kacang polong dan buncis.

Apabila kekurangan vitamin k akan mengakibatkan kesulitan dalam pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan.

Fungsi Vitamin Secara Umum

Fungsi vitamin secara umum, antara lain sebagai berikut:

  1. Mengatur zat dalam tubuh
  2. Berfungsi menguatkan gigi dan tulang
  3. Dapat Mempercepat Pertumbuhan
  4. Dapat Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit
  5. DapatMempercepat proses dalam penyembuhan penyakit
  6. Dapat Menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh
  7. Dapat Memperlambat dalam proses penuaan
  8. Dapat Membangun sistem kekebalan tubuh atau sistem imun
  9. Dapat Menjaga tubuh tetap segar dan menghilangkan rasa capek
  10. Dan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi biokimia tubuh

Itulah ulasan tenrtang Vitamin, semoga kita dapat belajar dalam menjaga kesehatan, sampai berjumpa dikesempatan berkutnya, terima kasih.