Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap
Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap

Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap

Posted on

Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap – Grafik merupakan suatu visualisasi table, yang dimana table itu berupa angka–angka yang dapat ditampilkan ataupun disajikan dapat ke dalam bentuk gambar. Atau definisi grafik yang lainnya yaitu sebagai suatu kombinasi antara angka, huruf, gambar, simbol, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam satu media sehingga memberi konsep maupun ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan maklumat.

Pengertian grafik dibagi menjadi beberapa pengertian:

– Pertama: Grafik merupakan suatu gambaran tabel dimana tabel tersebut berupa angka-angka yang dapat ditampilkan atau disajikan dalam bentuk gambar. Atau sebagai suatu campuran atau kombunasi anatar angka, huruf, gambar, simbol, perkataan, lambang atau likisan yang disajikan suatu media untuk menunjukan atau memberiakn konsep ataupun ide dari pengirim kapada penerima dalam proses menyampaikan perintah.

Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap
Pengertian Dan Jenis-Jenis Grafik Lengkap

– Kedua: Grafik ialah suatu rangka yang akan membentuk suatu ubjek gambran atau visualisasi tabel. Table tersebut terdiri dari angka-angka yang dapat disajikan atau ditampilkan dalam bentuk gambar, grafik ini dapat berbentuk lingkaran, garis, batang dan lain-lain.

– Ketiga: Grafik merupakan visualisasi atau gambaran dari naik turunnya suatu keadaan atau data yang ada dalam bentuk garis atau gambar.

Grafik dibagi menjadi tiga jenis:

– Grafik Batang atau Histogram: Digunakan untuk menunjukan atau enekankan peredaan tingkat atau nilai dan beberapa aspek lain. Grafik ini merupakan jenis yang paling sederhana, sangat mudah di fahami dan hanya menyajikandata dengan bentuk batang sehingga banyak digunakan. Ukuran panjang batang berarti presentase dari data, sedangkan lebarnya semua berukuran sama. Akan tetapi grafik ini tidak banyak menyajikan data biasanya hanya menyajikan delapan data. Agar dapat membedakan tiap-tiap data maka warna pada tiap batang akan berbeda.

– Grafik Garis: Biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan atau perubahan dari waktu ke waktu. Grafik ini biasanya digunkan pada institusi tertentu.

– Grafik Lingkaran: Grafik ini menyajikan data statistik dengan gambar lingkaran atau gambaran naik turunnya data denagn bentuk lingkaran dengan tujuan untuk memperoleh presentase dari nilai total atau keseluruhan.

Grafik ini bertujuan untuk menunjukan perbandingan, informasi yang berkualitas dengan cepat & sederhana sehingga mudah dimengerti. grafik berfungsi sebagai penggambaran data-data dalam bentuk angka atau data kuantitatif dengan teliti dan menjelaskan perkembangan dan perbandingan suatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan dengan singkat dan jelas.

Itulah sekilas tentang pengertian Grafik dan contohnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga :
4 Faktor Produksi Dalam Ekonomi Dan Penjelasannya Lengkap
Pengertian Visi Dan Misi Beserta Perbedaannya Lengkap