9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap
9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap

9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap

Posted on

9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap – Apa itu Protein? Protein merupakan senyawa organik yang kompleks dan memiliki bobot melekul yang tinggi. Protein ialah polimer dari monomer-monomer dari asam amino yang terhubung satu dengan yang lain dengan ikatan peptida. Molekul protein ini mempunyai kandungan hidrogen, karbon, oksigen, nitrogen, sulfur, dan fosfor.

Protein sendiri berperan dalam pembentukkan struktur serya fungsi sel makhluk hidup dan virus. Protein ditemukan pertama kali oleh seorang yang berasal dari Swedia pada tahun 1838 yaitu Jons Jakob Berzelius. Protein juga merupakan salah satu penyusun utama dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan sebagainnya.

9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap
9 Fungsi Protein Bagi Tubuh Dan Pengertiannya Lengkap

Jenis Protein lain yang memiliki peran penting dalam fungsi struktural atau mekanis, yaitu seperti protein yang berperan dalam membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh yaitu sebagai antibodi, transportasi hara, dan sebagainya. Dan berperan sebagai sumber asam amino bagi suatu organisme yang tidak dapat membentuk asam amino sendiri.

Fungsi Protein

Pada umumnya, protein memliki fungsi sebagai zat pembangun tubuh maupun pelindung tubuh, pendorong metabolisme serta penyokong organ tubuh dalam berbagai aktivitasnya, tidak hanya itu saja, ada banyak lagi fungsi protein, sebagai fungsinya dapat dilihat dibawah ini.

1. Untuk Membantu dan mendorong pertumbuhan serta memelihara susunan/struktur tubuh dari sel, jaringan hingga ke organ-organ tubuh.

2. Sebagai sumber karbohidrat.

3. Untuk Membantu tubuh dalam melawan dan menghancurkan serta menetralkan zat-zat dari luar atau asing yang masuk di dalam tubuh.

loading...

4. Berfungsi sebagai penyediaan energi bagi tubuh.

5. Berfungsi sebagai asupan diet dan rendah gula.

6. Untuk Memelihara dan menjaga keseimbangan asam basa serta cairan tubuh karna protein juga berfungsi sebagai buffer (penahan).

7. Untuk Mengatur dan menjalankan metabolisme tubuh karna protein sebagai enzim artinya protein mengaktifkan dan masuk kedalam reaksi kimia.

8. Berfungsi sebagai biokatalisator

9. Bahan dalam sintesis substansi penting seperti halnya hormon, enzim, antibodi dan kromosom.

Itulah ulasan singkat tentang protein semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Baca Juga :
Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh Lengkap