Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA
Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA

Posted on

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA – Ujian Nasional merupakan tahap paling akhir bagi siswa maupun siswa dalam pendidikannya, baik itu SD, SMP, maupun SMA sederajat, dimana hasilnya sangat menetukan apakah lulus atau malah sebaliknya. Kali ini kami akan memeberikan beberapa tips sukses dalam menghadapi Ujian Nasional atau UN. Baiklah tidak usah berlama-lama silahkan simak ulasan berikut:

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA
Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA

Tips Sebelum UN (Persiapan)

a. Hilangkan semual hal yang membebani pikiran
Agar supaya sukses dalam menghadapi UN anda harus memiliki semangat untuk berjuang. Apabila dari start sudah memiliki pikiran yang membebani seperti, berharap adanya bocoran soal, pada saat UN dapat mencontek atau tidak yang akan menentukan nilah akhir UN. Buang jauh2 pikiran semacam itu, dan tanamkan passion belajar, keikhlasan berdoa, serta faktor lain yang apat mempengaruhi kesuksesan UN yang berawal dari niat serta semangat yang baik.

b. Belajarlah jauh-jauh hari sebelum UN
Biasanya UN dilaksanakan pada bulan April atau Mei pada semester kedua. Oleh karena itu pada semester pertama sebaiknya anda suda menyiapkan bahan2 belajar dalam persiapan UN. Baik itu membeli buku seputar UN, mengikuti bimbel atau les, belajar kelompok dan semacamnya.

c. Buatlah sebuah Jadwal Rutin Belajar
Sudah memiliki niat namun belum terlaksana sesuai dengan rencana. Oleh karena itu untuk mengingatkan, buatlah jadwal agar dapat rutin belajar serta latihan.

d. Evaluasi Hasil Try Out
Sebelum UN pastikan bahwa dilaksanakannya Try Out atau uji coba UN yang diadakan oleh sekolah ataupun dari dinas pendidikan setempat. Dari tingkat kesulitan pada saat mengerjakan try out sampai hasil try out keluar dapat anda jadikan acuan dalam memperbaiki kemampuan mengerjakan UN nantinya.

e. Jagalah Kesehatan
Hal ini sangat perlu di ingat, ksehatan itu penting jangan sampai pada saat waktu yang dinantikan malah kondisi anda tidak fit. Rutinlah berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan perbanyak meminum air putih. Dan pada saat UN kita dalam keadaan siap fisik dan mental.

f. Rajin-rajin beribadah dan berdoa
Usaha tanpa ada doa sama saja anda takabur atau sombong, serta menjauhkan diri dari keberuntungan. Semua usaha haruslah di barengi dengan doa. Ajaklah teman, sanak saudara untuk mendoakan anda semoga siap dalam menghadapi UN.

loading...

Tips Pada saat Hari H UN

a. Rileks dan santai
Cobalah tetap santai, satu saja kesalahan kecil akan berakibat fatal, apabila terlalu tegang dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi dan bisa berantakkan, bersikap tenang dan anda siap mengerjakan UN.

b. Persiapan Peralatan
Bangunlah lebih pagi dan siapkan keperluan peralatan, cek 2 kali atau lebih agar anda tidak glabakan saat telah berada di ruangan.

c. Mohon doa restu
Sebelum berangkat, mintalah doa restu dari kedua orang tua, dan juga minta doa restu para guru disekolah serta teman-teman seperjuangan.

d. Awal dan akhiri dengan doa
Mulailah dengan berdoa yang tulus dan penuh keikhlasan agar anda diberikan kemudahan, kelancaran, keberuntungan, ketelitian dalam mengerjakan soal UN oleh Tuhan YME. begitu juga setelah selesai mengerjakan, akhiri pula dengan berdoa agar mendapat kesuksesan dalam mendapatkan hasilnya.

e. Kerjakan soal yang lebih mudah
Kerjakanlah soal yang paling mudah terlebih dahulu, dikarenakan waktu yang terbatas jangan terpaku pada soal yang rumit.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat membantu dalam menghadapi UN. Sampai Jumpa


loading...