Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya
Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya

Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya

Posted on

Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas resensi, apa itu resensi? dan apa saja tujuan serta unsur-unsur didalamnya. Untuk mengetahuinya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Resensi

Secara etimologi, resensi kata yang berasal dari bahasa latin, yaitu revidere atau recensere yang dalam artian ialah menimbangg dan melihat atau menilai. Di dalam KBBI disebutkan bahwa Resensi ialah ulasan dari sebuah buku. Secara garis besar resensi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mengulas atau bisa juga menilai sebuah hasil karya baik berupa buku, novel, maupun sebuah film dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, serta kritikan terhadap karya seseorang.

Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya
Pengertian Resensi Tujuan Dan Unsur Unsurnya

Tujuan Dari Resensi (Meresensi)

Adapun dalam penulisan resensi ditujukan, yaitu dengan maksud sebagai berikut.

  1. Untuk membantu pembaca untuk mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
  2. Untuk Mengetahui kelebihan maupun kelemahan buku yang diresensi.
  3. Untuk Mengetahui latar belakang dan alasan dari buku tersebut diterbitkan.
  4. Untuk Menguji kualitas dari buku dengan membanding terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
  5. Untuk Memberi masukan kepada penulis buku yaitu berupa kritik maupun saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

Unsur-unsur Resensi

Dalam pembuatan resensi, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan agar resensi yang dibuat menjadi jelas dan tentunya berkualitas. Dan berikut ini merupakan bebarapa unsur yang harus ada dalam pembuatan resensi.

1. Judul Resensi
Judul harus mempunyai keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga dapat memberi nilai lebih pada sebuah resensi.

2. Menyusun Data Buku
Penyususnan data buku dalam meresensi dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Judul buku;
  • Pengarang;
  • Penerbit;
  • Tahun terbit beserta cetakannya;
  • Dimensi buku;
  • Harga buku;

3. Isi resensi buku
Isi resensi buku berisi tentang sinopsi, ulasan singkat dari buku yang diresensi dengan kutipan secukupnya, keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.

loading...

4. Penutup dari resensi buku
Pada ini biasanya berisi tentang alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Itulah ulasan tentang pengertian, tujuan serta unsur dalam resensi semoga dapat membantu, dan menambah wawasan pembaca sekalian.