Pengertian, Prinsip, Ciri, Macam, Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian, Prinsip, Ciri, Macam, Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian, Prinsip, Ciri, Macam, Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Menurut Para Ahli – Demokrasi merupakan bentuk sistem pemerintahan yang pada setiap warganya memiliki kesamaan atau kesetaraan hak dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah kehidupan. Demokrasi memiliki pengertian dengan tidak langsung bahwa rakyat mempunyai kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara. Kita juga sering mendengan slogan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang dikemukakan oleh Abraham Lincoln yang melambangkan suatu sistem demokrasi.

Demokrasi berasal dari bahasa yunani “demos” artinya rakyat dan “kratei” artinya pemerintah. Dengan begitu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tertingginya dipegang oleh rakyat.

Pengertian, Prinsip, Ciri, Macam, Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian demokrasi menurut beberapa ahli:

– Aristoteles, demokrasi merupakan suatu kebebasan dalam artian kebebasan setiap warga negara dapat berbagi kekuasaan. Beliau juga mengutarakan bahwa setiap warga negara setara dalam jumlah, yakni satu individu, dalam demokrasi tidak ada penilaian dengan tingginya nilai individu, setiap warga negara sama.

– Sidney Hook, demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan pentingdalam suatu pemerintahan baik secara langsung ataupun tidak langsung didasarkan oleh kepentingan mayoritas denagn berdasarkan hak yang diberikan kepad rakyat biasa.

– Samuel Huntington, demokrasi akan ada jika setiap pemegang kekuasaan dalam suatu negara dipilih secara umum, adil dan jujur, samua peserta boleh bersaing dengan bersih dan semua masyarakat memiliki hak yang sama atau setara dalam pemilihan.

Prinsip-prinsip dalam demokrasi. Hal terpenting dalam demokrasi ada tiga:

  1. Persamaan antara warga negara, setiap warga negara mempunyai kesamaan atau kesetaraan dalam praktik politik.
  2. Keikut sertaan atau keterlibatan warga negara dalam mengamvil keputusan.
  3. Kebebasan diakui dan dipakai serta diterima oleh warag negara.

Ciri-ciri pemeritahan demokrasi, ciri yang menggambarkan suatu pemerintahan didasarkan oleh sistem demokrasi seperti:

  1. Pemerintahan didasarkan kehendak dan kepentingan semua rakyat.
  2. Ciri konstitusional ialah hal yang berhubungan denag kepentingan, kehendak atau kemauan atau kekuasaan rakyat yang dituliskan dalam konstitusi dan undang-undang negara tersebut.
  3. Ciri perwakilan yakni dalam mengatur negaranya kedaulatan rakyat akan diwakilkan oleh beberapa orang yang sudah dipilih oleh rakyat itu sendiri.
  4. Ciri pemilihan umum yakni sebuah kegiatan politik yang dilaksanakan untuk memilih pihak dalam pemerintahan.
  5. Ciri kepartaian yakni partai akan menjadi media atau sarana untuk menjadi bagian dalam melaksanakan sistem demokrasi.
  6. Ciri kekuasaan ialah adanya pembagian dan pemisah kekuasaan.
  7. Ciri tanggung jawab ialah adanya tanggung jawab dari pihal yang sudah dipilih untuk ikut dalam pelaksaan suatu sistem demokrasi.

Macam-macam demokrasi, demokrasi dibagi menjadi tiga macam:

1. Berdasarkan cara penyampaian atau penyaliran kehendak rakyat:

  1. Direct Democracy atau demokrasi langsung ialah demokrasi yang dijalankan secara langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan suatu negara. Dalam demokrasi langsung rakyat berpartisipasi langsung dalam pemilihan umun dan menyampaikan kehendaknya dengan langsung.
  2. Indirect Demoocracy atau demikrasi secara tidak langsung ialah demokrasi yang melibatkan semua masyarakat dalam pengambilan suatu keputusan negara secara tidak langsung, itu berarti rakyat mengirimkan perwakilan yang sudah dipercaya untuk menyampaikan kehendak mereka. Ini artinya wakil rakyat terlibat secara langsung menjadi perantara semua rakyat.

2. Berdasarkan fokus perhatiannya:

  1. Demokrasi formal ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus pada bidang politik tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.
  2. Demokrasi material ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus pada bidang ekonomi tanpa mengurangi kesenjangan politik.
  3. Demokrasi gabungan ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus seimbang atau sama besar dengan bidang politik dan ekonomi, negara kita yaitu Indonesia meganut sistem demokrasi ini.

3. Berdasrkan prinsip ideologi:

  1. Demokrasi Liberal, merupakan demokrasi memiliki dasar atas hak individu suatu warga negara, yang dalam artian, individu mempunyai dominasi dalam demokrasi Liberal. Pemerintah sedikit ikut campur dalam kehidupan dalam bermasyarakat, yang dalam artian, kekuasaan pemerintah hanyalah terbatas. Demokrasi Liberal sendiri dapat disebut pula dengan demokrasi kosntitusi yang mana kekuasaannya hanya dibatasi oleh konstitusi.
  2. Demokrasi Komunis, demokrasi ini merupakan demokrasi yang memiliki dasar atas hak pemerintah di dalam suatu negara, yang dalam artian, pemerintah memiliki dominasi dalam demokrasi komunis. Demokrasi komunis pula dapat disebut keblikan dari demokrasi liberal. Karena kekuasaan tertinggi dipegang oleh penguasa tertinggi, kekuasaan pemerintah di sini tidak terbatas atau dapat mengatur semaunya. Kekuasaan pemerintah pula tidaklah dibatasi dan bersifat totaliter, sehingga hak individu tidak berpengaruh terhadap kehendak pemerintah semata.
  3. Demokrasi Pancasila, Demokrasi ini merupakan demokrasi yang dianut Indonesia. Demokrasi ini pula merupakan terbaik di Dunia, hal itu diakui pula oleh Presiden Amerika Serikat yaitu Presiden Barack Obama. Yang mana demokrasi ini berdasarkan kepada Pancasila.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Demokrasi:

~ Kelebihan demokrasi antara lain sebagai berikut:

  1. Penguasa sepenuhnya dipilih berdasarkan keinginan rakyat.
  2. Mencegah akan terjadinya monopoli kekuasaan.
  3. Kesetaraan hak dapat membuat setiap masyarakat dapat berpartisipasi dalam sistem politik.

~ Kekurangan demokrasi antara lain sebagai berikut:

  1. Kepercayaan rakyat sangat mudah digoyahkan oleh pengaruh media.
  2. Menurut beberapa ahli Kesetaraan hak dianggap tidak wajar karena pengetahuan politik setiap orang tidaklah sama.
  3. Fokus pemerintah yang sedang berkuasa akan berkurang saat menjelang pemilihan umum berikutnya.

Itulah ulasan tentang demokrasi yang mungkin dapat membantu kita semua.