Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya
Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya

Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya – Paragarf merupakan kumpulan suatu kesakuan pikiran yang tertinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Definisi dari paragraf sendiri ialah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri atas beberapa kalimat, dimana isinya mengungkapkan suatu informasi atau kalimat dengan pikiran atau gagasan utama sebagai pengendaliannya serta pula pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya
Pengertian Paragraf Beserta Jenis Dan Contohnya

Jenis-jenis paragraf di lihat dari letaknya beserta contohnya

a. Paragraf Deduktif
Merupakan paragraf yang letak ide pokoknya terdapat pada kalimat awal paragraf. Contohnya Makan merupakan hal yang diperlukan manusia untuk terus hidup, karena dari makanan manusia mendapatkan tenaga energi dan daya untuk hidup.

b. Paragraf Induktif
Merupakan paragraf yang ide pokoknya terdapat pada kalimat di akhir paragraf. Contohnya seorang yang mengalami kelelahan akan tidur agar menghilangkan lelah serta membugarkan tubuhnya. Tidur sangatlah berguna bagi kesehatan, dikarenakan tidur tubuh akan merelaksasi dan membuang racun secara alami serta menyeimbangkan kembali metabolisme tubuh dan setiap makhluk hidup sangat memerlukannya. Oleh karena tidur ialah keadaan dimana makhluk hidup beristirahat secara alami.

c. Paragraf Campuran
Merupakan paragraf yang ide pokoknya terdapat pada di bagian awal dan ditegaskan kembali pada akhir paragraf. Contohnya : Tidur merupakan keadaan dimana makhluk hidup beristirahat secara alami. Tidur juga sangat berguna bagi kesehatan, dikarenakan tidur tubuh akan merelaksasi dan membuang racun secara alami dan menyeimbangkan kembali metabolisme tubuh dan setiap makhluk hidup memerlukannya. Dan dapat disimpulkan bahwa tidur ialah keadaan dimana makhluk hidup beristirahat secara alami.

d. Paragraf Narasi
Merupakan suatu paragraf yang tidak memiliki ide kalimat pokok yang dalam artian di dalam paragraf tersebut semua kalimatnya di anggap penting, sehingga tidak mempunyai kalimat penjelas. Contohnya Semua makhluk hidup memerlukan istirahat untuk menghilangkan lelah setelah melakukan aktivitasnya. Dengan tidur seseorang akan bisa menghilangkan lelah secara alami. Dari tidur tubuh akan dapat membuang racun yang terserap didalam tubuh yang akan dialirkan ke luar tubuh.

Jenis-jenis paragraf di lihat dari isinya beserta contohnya

a. Paragraf Eksposisi
Merupakan paragraf yang isinya ialah paparan dari suatu masalah atau peristiwa. Contohnya Perlombaan yang akan berlangsung di adakan oleh ketua RT setempat. Warga yang hadir sangatlah antusias dalam mengikuti perlombaan yang di adakan. Lomba yang di adakan pun sangat beragam mulai dari tarik tambang, sampai lomba lari estafet dan masih banyak yang lainnya.

b. Paragraf Deskripsi
Merupakan paragraf yang isinya ialah penggambaran dari suatu keadaan ataupun peristiwa yang menggunakan kata-kata agar pembacanya seolah-olah ikut merasakan dan melihat, serta mengalami langsung kejadian atau keadaan yang diceritakan. Contohnya Gerhana matahari sangatlah indah. Cahaya matahari yang bersinar berbentuk cincin sempurna. Keadaan tersebut terjadi di sore hari ketika memasuki pukul 15.00 wib. Banyak orang antusias dan ikut melihat gerhana matahari ini, ada yang berada di bawah pohon, di teras rumah atau pun ada yang melihat dari dalam rumah menghadap jendela.

loading...

c. Paragraf Argumentasi
Merupakan paragraf yang isinya ialah cara agar meyakinkan pembaca hingga si pembaca dapat menerima gagasan yang dituangkan penulis. Contohnya Berkerja dengan giat ialah kunci dari sebuah kesuksesan. Seseorang yang memiliki niat yang besar dalam berkerja akan dapat menghadapi masalah yang di timbulkannya. Dengan niat yang besardan tekat yang kuat pastilah seseorang itu akan sukses dalam berkerja. Janganlah takut gagal dan jadikanlah kegagalan itu menjadi jalan menuju kesuksesan.

d. Paragraf Persuasif
Merupakan paragraf yang isinya ialah bujukan untuk agar mempengaruhi si pembaca untuk mengikuti pendapat dari si penulis. Paragraf tersebut hampir sama atau menyerupai paragraf argumen yang pada awal penulisannya memberi pendapat dahulu baru kemudian di beri pernyataan alasannya. Bedanya paragraf argumentasi alasannya berupa fakta dan sedangkan paragraf persuasi alasannya berupa kalimat himbauan serta harapan dari penulis. Contohnya Berkerja dengan giat ialah kunci dari sebuah kesuksesan. Sebab orang yang rajin serta giat dalam berkerja akan banyak memiliki ilmu yang dapat di pelajarinya dan di terapkan dalam pekerjaannya. Seperti seorang sales yang sering menjajakan dan menawarkan barangnya ke rumah-rumah warga sekitar. Dengan menjajakan seperti itu si sales dapat mengerti apa yang orang atau warga inginkan. Dan dari data yang dia dapatkan dia merubah barang jualnyamenjadi barang yang banyak warga suka dan akhirnya barang yang di jual ramai di beli. Oleh karena itu kita harus berkerja dengan giat dan tekun agar dapat menjadi sukses.

e. Paragraf Narasi
Merupakan paragraf yang isinya ialah cerita masalah atau suatu peristiwa, sehingga si pembaca dapat terhibur serta terharu atas masalah atau peristiwa yang sedang terjadi. Contohnya Pada hari sabtu kemarin kami melakukan pendakian ke gunung Tanggamus. Kami berjumlah 6 orang, 3 orang pria dan 3 orang wanita. Kendaraan yang kita gunakan adalah bus ekonomi jurusan tanggamus. Kami sangat menikmati perjalannya karena pemandangan yang di lalui sangatlah indah banyak pohon yang rimbun dan burung-burung yang berterbangan.