Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya

Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh Lengkap

Posted on

Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh Lengkap – Karbohidrat merupakan sumber utama engergi tubuh. Korbohidrat tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Unsur-unsur tersebut terbentuk melalui proses fotosintesis tumbuhan berdaun hijau. Golongan Karbohidrat, yaitu diantara lain Gula, Tepung, dan Selulosa. Dan sedangkan menurut ukuran molekulnya, karbohidrat dapat dibedakan menjadi beberapa golongan yaitu sbb:

a. Monosakarida, merupakan jenis dari karbohidrat yang sanagt sederhana, dari susunan unsurnya karena hanya terdiri atas beberapa atom C. Monosakarida yang meliputi glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya

b. Disakarida, merupakan jenis dari karbohidrat yang terbentuk dari dua (2) molekul monosakarida yang berkaitan melalui gugus –OH yaitu dengan cara melepaskan molokul air. Disakarida meliputi sukrosa, maltosa, dan laktosa.

c. Polisakarida, merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida. Dan Polisakarida meliputi amilum, selulosa, dan glikogen.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

1. Berfungsi Sebagai sumber Energi utama tubuh
Karbohidrat memiliki fungsi utama yang berperan sebagai pasokan energi tubuh, pada setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.

2. Berfungsi sebagai cadangan Energi dalam otot dan hati
Keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagiannya terdapat pada darah yaitu sebagai glukosa untuk energi tubuh, dan sebagian lagi terdapat pada Hati serta jaringan otot yang diubah menjadi Glikogen, dan sebagiannya lagi Dirubah menjadi lemak serta disimpan di dalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

loading...

3. Berfungsi Untuk memperlancar pencernaan
Karbohidrat berfungsi juga sebagai memperlancar peristaltik usus yang memudahkan pembuangan feses, selain itu juga karbohidrat yang tidak dapat dicerna, yakni seperti serat bisa memberikan rasa kenyang.

4. Berfungsi Sebagai pemanis alami
Karbohidrat dapat menjadi pemberi rasa manis alami makanan pada khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida

Itulah Pengertian Karbohifrat beserta fungsinya bagi tubuh, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita. Terima Kasih.


loading...