Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya – Pengertian Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri atas dua atau lebih perangkat komputer dan perangkat lainnya, yang dirancang agar dapat bekerja sama yang bertujuan supaya bisa berkomunikasi, mengakses informasi, meminta dan memberikan layanan atau service antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

A. Jenis Berdasarkan Letak Geografisnya Atau Jangkauan

  1. LAN ( Local Area Network ), adalah jaringan yang mencakup wilayah yang kecil, contoh seperti: jaringan komputer yang berada di ruang lingkup sekolahan, kampus atau kantor.
  2. MAN ( Metropolitan Area Network ), adalah jaringan yang berada di dalam satu kota yang memiliki kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan beberapa kantor namun masih dalam satu wilayah kota.
  3. WAN ( Wide Area Network ), adalah jaringan komputer mencakup area yang sangat luas, contoh dari WAN ialah jaringan antar wilayah, daerah, kota atau bisa jadi antar negara.

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

B. Jenis Berdasarkan Fungsinya, antara lain:

  1. Jaringan Komputer Peer to Peer, ialah model jaringan komputer yang ada pada jaringan tersebut, setiap komputer dapat difungsikan sebagai Client dan juga bisa sebagai Server.
  2. Jaringan Komputer Client Server, ialah model jaringan komputer yang mana salah satu dari komputer tersebut difungsikan sebagai Server yang memiliki tugas melayani komputer lain yang berfungsi sebagai Client. jadi dalam model jaringan ini komputer server biasanya didesain khusus serta hanya bertugas sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan Client.

C. Jenis Berdasarkan Topologinya, antara lain sebagai berikut:

  1. Jaringan Komputer Dengan Topologi Ring
  2. Jaringan Komputer Dengan Topologi Bus
  3. Jaringan Komputer Dengan Topologi Star
  4. Jaringan Komputer Dengan Topologi Mesh
  5. Jaringan Komputer Dengan Topologi Tree

D. Jenis Berdasarkan Media Transmisinya, antara lain sebagai berikut:

  1. Jaringan Komputer yang Menggunakan Media Kabel ( Wired Network ) Pada Jenis jaringan komputer ini biasanya memakai atau menggunakan media kabel sebagai media transmisinya, adapun Jenis jaringan ini disebut dengan jenis jaringan yang menggunakan media transmisi terpadu ( Guided Transmission Media ). Adapun beberapa kabel yang dapat dipakai atau digunakan sebagai membuat model jaringan seperti ini diantaranya, yakni: Kabel Coaxial, Kabel TP ( STP dan UTP ), serta Kabel Fiber Optic.
  2. Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Kabel ( Nirkable ) Pada Jenis jaringan komputer ini memakai sistem gelombang sebagai alat atau media Transmisinya, adapun jenis jaringan ini disebut juga sebagai jenis jaringan yang memakai media transmisi tidak terpandu ( Unguided transmission media ), adapun beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain sbb : Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

E. Jenis Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Datanya, antara lain sebagai berikut:

  1. Jaringan Komputer Terpusat (Host Based Network) Pada Jenis Jaringan ini biasanya terdiri atas komputer client serta server yang mana salah satu komputer client yang berfungsi sebagai perantara agar dapat mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer server.
  2. Jaringan Komputer Terdistribusi ( Distributed Network ) Pada Jenis jaringan ini adalah perpaduan antara beberapa jaringan yang terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient serta membentuk sistem jaringan tertentu.

Manfaat dari Jaringan Komputer

Begitu Banyak keuntungan yang dapat dirasakan jika mempunyai sebuah jaringan komputer, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Dapat Menghemat Biaya. Yaitu, dengan adanya jaringan komputer ini, komputer dapat menekan biaya kebutuhan perangkat – perangkat periperal, dikarenakan sumber daya yang ada dapat dibagi serta digunakan bersama – sama, sebagai contoh jika memiliki satu buah printer, printer tersebut dapat dipergunakan oleh banyak User atau pengguna. jadi tidak perlu menyediakan satu printer untuk satu komputernya.

b. Dapat Mempercepat proses sharing data atau berbagi data. Biasanya untuk berbagi data kita dapat memakai perangkat tambahan seperti flashdisk, namun dengan adanya jaringan komputer ini, transfer data akan jauh lebih cepat bahkan dapat menjangkau jarak yang begitu jauh sekalipun. hal tersebut dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan file data yang diperlukan.

c. Dapat Menjaga informasi supaya tetap up-to-date serta andal. Dengan membuat jaringan komputer, dengan sistem penyimpanan data yang terpusat dan dikelola dengan sangat baik pada komputer server, maka pengguna juga dapat mengaskses data dari berbagai tempat yang berbeda, serta dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Itulah Sekilas tentang Jaringan Komputer semoga dapat menambah wawasan kita.