Pengertian Fungsi Dan Jenis Layanan ISP

Pengertian Fungsi Dan Jenis Layanan ISP

Posted on

Pengertian Fungsi Dan Jenis Layanan ISP – Pengertian ISP atau Internet Service Provider merupakan sebuah wadah, organisasi, penyelenggara atau perusahaan yang menawarkan jasa layanan internet kepada seluruh masyarakat. Awalnya ISP sangat identik dengan jaringan telpon, dikarenakan dulunya ISP menjual koneksi internet melalui jaringan telepon. Beda dengan sekarang teknologi ISP berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon saja, namun telah menggunakan teknologi seperti wireless dan fiber optic.

Saat ini, keberadaan ISP sangat diperlukan. Dan kehandalan dari sistem tersebut juga sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi yang dimiliki. ISP mempunyai jaringan baik secara domestik maupun secara internasional agar pengguna dari sambungan yang telah disediakan oleh ISP ini dapat terhubung dengan baik ke dalam jaringan Internet global atau jalur internet yang lebih luas.

Pengertian Fungsi Dan Jenis Layanan ISP

Fungsi dari ISP

  1. Sebagai layanan yang Menyediakan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga dapat terhubung ke dalam jaringan internet.
  2. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  3. Sebagai Penghubung antara komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
  4. Sebagai penyedia perangkat modem untuk sambungan dial-up.
  5. Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
  6. Memungkinkan penggunanya untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  7. Memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
  8. Serta dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.

Contoh, Penyelenggara Internet Service Provider, yaitu diantaranya : Telkomnet, 3GNet, Speedy, Asia Pasific Internet Company, Astinet, Nusanet, Hypernet dan lain-lain.

Jenis Layanan ISP

1. Dial-Up Connection. koneksinya melalui modem ataupun kabel telepon yang umumnya dipergunakan untuk akses internet di rumah. Dial-Up ialah koneksi yang hanya bersifat sementara. Dan penggunaan akses dial-up ini, contoh seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

2. Dedicated Connection. merupakan jenis koneksi yang menetap 24 jam yang biasanya banyak dipergunakan di perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak memerlukan kebutuhan koneksi internet serta digunakan oleh banyak komputer, seperti Warnet.

3. Hotspot. merupakan jenis layanan internet tanpa kabel seperti dial-up. Dan Hotspot biasanya dipergunakan di tempat-tempat tertentu seperti cafe, kantin, bandara, kampus, sekolah, tempat-tempat nongkrong, dan tempat-tempat lainnya.

4. Wireless. merupakan jenis layanan internet tanpa perantara (kabel). Layanan ini tidaklah dipungut biaya telepon, Namun dikenakan tarif atau biaya pemakaian internetnya saja.

5. Mobile Access. merupakan sebuah layanan untuk mengakses internet yangdapat dilakukan dengan mudah kapan dan dimana saja melalui Handphone atau telepon seluler. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik itu GSM maupun CDMA.

Itulah sekilas tentang ISP semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita.