Pengertian Etika Menurut Para Ahli Dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Etika Menurut Para Ahli Dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Etika Menurut Para Ahli Dan Penjelasannya Lengkap – Kali ini seputar pendidikan akan mengulas pengertian seputar etika, etika merupakan ilmu atau dasar yang yang mempelajari tentang apa yang baik, buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu Etos yang berarti adat kebiasaan, cara berfikir, akhlak, sikap, watak, cara bertindak. Kemudian diturunkan ke kata Ethich (Inggris), etika (Indonesia). Dalam kamus besar bahasa Indonesia, 1998, menjelaskan etika dibedakan menjadi tiga arti, yaitu: Ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan yang buruk, kumpulan aza atau nilai dan nilai mengenai yang benar dan salah. Dengan ketiga perbedaan tersebut maka kita akan mendapatkan pemahaman tntang etika yang lebih lengkap sekaligus kita lebih bisa memahami tentang pengertian etika yang sering munculdalam perbincangan sehari-hari, secara lisan ataupun tertulis.. Objek dari etika merupakan alam yang berubah terutama alam manusia.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli Dan Penjelasannya Lengkap

Etika terbagi menjadi dua jenis yaitu Etika Deskriptif dan Etika Normatif. Etika deskriptis merupakan etika yang menjelaskan secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia dan apa yang dikejar oleh setiap orang didalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Berarti etiak deskriptif membahas tentang fakta dengan apa adanya. Etika normatif merupakan etika yang mengatur atau menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan harus dimiliki manusiaatau yang yang harusnya dijalankan oleh manusia dan tentang tindakan apa yang berniali dalam kehidupannya.

Berikit beberapa pengertian etika menurut para ahli:

– W. J. S. Poerwadarminto : Etika merupakan ilmu penegtahuan tentang asas-asas akhlakatau moral.

– H. A. Mustafa : Etika merupakan ilmu yang menyelidiki mana yanhg baik dan yang buruk dengan memperhatika amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahuin oleh akar pikirannya.

– Drs. O. P. Simorangkir : Etiak merupakkan pandanagn manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manuisa.

– Soegarda Poerbakawatja : Etika ialah sebuah filsafat berkaitan dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan an kesusilaan.

loading...

– Hamzah Yakub : Mengemukakan bahwa etika ialah menyelidiki suatu perbuatan mana yang baik dan mana yang buruk.

– Aristoteles : Beliau membagi pengertian etika menjadi dua pengertian: Terminius Technikus dan Manner and Custom. Terminius Technikus merupaka etika yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu problema tindakan atau perbuatan manusia. Manner and Custom merupakan suatu pembahasan etika yang berhubungan atau berkaitan dengan tata cara dan adat kebiasaan yang melekat dalan kodrat manusia atau in herent in human nature yang sangat terkait denag arti baik dan buruk suatu perilaku, tingkah laku atau perbuatan manusia.

– KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) : Etika merupakan tentang baik dan buruknya perilaku, hak serta kewajiban moral; sekumpulan asa atau nilai-nilai yang berhubungan atau berkaitan dengan akhlak; nilai mengenai benar atau salahnya perbuatan atau perilaku yang dianut oleh masyarakat.

Dalam kehidupan kita sehari-hari juga banyak nilai etika dan moral yang harus dijaga oleh generasi muda sekarang, melihat dari kebiasaan mereka yang hampir jauh dari kata etika yang baik. Contoh kecil dari etika yang hampir hilang adalah budaya bersalaman dengan orang tua saat akan keluar atau pergi kesekolah atau tempat kerja bahkan banyak orang yang lupa tau bahkan terbiasa tidak mengucapkan salam pada saat keluar rumah. Anak muda sekarang sedikit yang memperhatikan tata bahasa mereka pada saat berbicara dengan orang tua. Tidak sulit untuk merubah kebiasaan tersebut menjadi baik seperti semula, dimulai dari hal terkecil yang kita lakukan sendiri dan pada akhirnya akan diikuti dengan yang lainnya sehingga terbentuklah etika yang baik dengan orang tua dan sesama.

Demikian penegrtian etika menurut beberapa para ahli dan sedikit contoh dari kami, semoga bermanfaat bagi semua 🙂


loading...