Pengertian Difusi dan Osmosis
Pengertian Difusi dan Osmosis

Pengertian Difusi dan Osmosis

Posted on

Pengertian Difusi dan Osmosis – Kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian Difusi dan Osmosis secara singkat ringkas, dan berikut ini adalah ulasannya :

Pengertian Difusi dan Osmosis
Pengertian Difusi dan Osmosis

DIFUSI

Difusi berarti perpindahan zat dari konsentrasi yang memiliki konsentrasi tinngi menuju kelarutan yang berkonsentrasi rendah. Hasil dari proses difusi ini ialah konsentrasi yang sama antara larutan yang disebut isotonis.kecepatan sebuah zat saat proses difusi memalui membran sel dipengaruhi dengan gradien konsentrasi, muatan, ukjran serta daya larut dalam lemak.

OSMOSIS

Osmosis merupakan termasuk dalam proses difusi. Osmosis ialah difusi air melewati selaput yang memiliki sifat semipermiable. Air akan mengalir dari larytan yang berkonsentrasi rendah ke larutan yang berkonsentrasi tinggi. Jika berada pada lingkungan yang berkonsentrasi lebih tinggi maka sel akan mengerut. Hal ini terjadi karena air akan keluar dari sel dengan cara osmosis. Jika berada pada dilingkungan yang berkonsentrasi rendah maka sel akan banyak menyerap air karena air akan bergerak secara osmosis kedalam sel.

Jika sel tumbuhan terdapat pada lingkungan yang berkonsentrasi tinggi atau hipertonis maka akan terjadi plasmolisis. Plasmolisis ialah peristiwa lepasnya sel dari dinding sel. Namun jika sel tumbuhan hidup pada lingkungan yang berkonsentrasi rendah atau hipotonis maka akan terjadi tekanan turgor.

Itulah ulasan tentang pengertian difusi dan osmosi, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.