Pengertian Dan Fungsi Norma Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Dan Fungsi Norma Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Norma Menurut Para Ahli Terlengkap – Sedari Pendidikan Dini, seperti Sekolah Dasar (SD), kita telah diajarkan oleh para guru apa itu norma. Kali ini seputar pengetahuan akan kembali mengingatkan para pembaca, Apa itu Norma???. Norma merupakan ukuran atau benar atau salah, tepat atau tidak tepat, maupun pantas atau tidak pantasnya suatu prilaku seseorang dalam masyarakat. Norma merupakan serangkaian sanksi bagi mereka yang melanggar serta sebagai llarangan yang dilengkapi dengan sanksi bagi yang melanggar. Beragamnya pendapat dari beberapa ahli tetang pengertian dari norma, kali ini seputar pendidikan akan merangkum 10 Pengertian norma menurut para ahli di bidangnya.

Pengertian Dan Fungsi Norma Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian dari norma menurut beberapa ahli, yaitu sbb:

a. Menurut Craig Calhoun, 1997, Pengertian Norma merupakan aturan maupun pedoman yang menyatakan tentang bagaimana seseorang yang seharusnya bertindak dalam situasi yang tertentu.

b. Menurut Broom & Selznic, Pengertian Norma meruapakan rancangan ideal dari perilaku manusia yang memberikan suatu batas-batas bagi anggota masyarakat dalam tercapainya tujuan hidupnya.

c. Menurut Antony Giddens, 1994, Pengertian Norma merupakan prinsip ataupun aturan yang konkret, serta yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.

d. Menurut John J. Macionis, 1997, Pengertian Norma merupakan aturan-aturan dan juga harapan-harapan masyarakat yang memandukan perilaku anggota-anggotanya .

loading...

e. Menurut Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, 1998, Pengertian Norma merupakan standar perilaku yang mapan serta yang dipelihara oleh masyarakat.

Fungsi dari Norma

  1. Norma memiliki beberapa fungsi, diantara lain sebagai berikut :
  2. Berfungsi mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku
  3. Berfungsi membantu tercapainya tujuan bersama masyarakat.
  4. Berfungsi menjadi dasar agar memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma tersebut.
  5. Berfungsi menciptakan ketertiban serta juga keadilan dalam masyarakat.

Itulah pengertian norma menurut para ahli yang dapat kami sajikan, semoga dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi kita semua. Semoga dapat berjumpa dalam kesempatan selanjutnya. Terima Kasih.


loading...