Mengenal Bagian Bagian Jantung Dan Fungsinya

Mengenal Bagian Bagian Jantung Dan Fungsinya

Posted on

Mengenal Bagian Bagian Jantung Dan Fungsinya – Jantung merupakan organ terpenting pada tubuh. Organ yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan ini memiliki fungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Fungsi Jantung

Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Dengan adanya Jantung, darah bisa atau dapat dialirkan keseluruh tubuh dengan melalui pembuluh darah. Jantung sendiri terdiri dari 4 (empat) ruang, yakni: serambi kanan dan serambi kiri serta biliki kiri dan bilik kanan. Pada bagian bilik (ventrikel) jantung berdinding lebih tebal dari pada serambi (atrium) jantung. Hal ini berhubungan dengan fungsi Jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh sehingga harus lebih kuat. Adapun dinding pada bilik kanan lebih tipis dikarenakan fungsinya hanya memompakan darah ke paru-paru.

Mengenal Bagian Bagian Jantung Dan Fungsinya

Penampakan pada otot jantung mirip dengan otot rangka sebab ada bagian yang gelap dan yang terang. Namun, otot jantung bekerja seperti otot polos. Jantung berdenyut secara ritmik dengan kekuatan yang sama. Berbeda dari otot rangka yang kekuatan kontraksinya dipengaruhi oleh kekuatan rangsangan.

Otot-otot jantung berkontraksi dengan kekuatan yang relatif stabil. Jika sedang dalam keadaan panik maupun melakukan kerja keras maka jantung akan berdetak lebih kencang sehingga darah yang dipompa juga lebih banyak.

Bagian-Bagian Dari Jantung

– Dinding dan otot jantung. Terbentuk dari sel-sel yang unik yang disebut myocardium yang berisi otot jantung yang merupakan satu-satunya jenis otot yang berada pada tubuh karena otot tersebut harus mengandung oksigen agar tetap hidup dan agar darah yang melewati arteri dapat berlangsung secara terus-menerus atau countinue. Karenanya jika terjadi penyempitan pada arteri pada jantung sangat berbahaya, kita sering menyebutnya jantung koroner. Jika hal tersebut terjadi maka akan terjadi berbagai macam penyakit pada jantung, seperti dakit pada dada dan serangan jantung yang terjadi mendadak yang akan menyebabkan kematian tiba-tiba atau mendadak pada seseorang. Rongga atau ruangan dalam jantung terbagi menjadi dua yaitu ruang atas yang disebut serambi jantung atau atrium pada sebelah kanan dan sebelah kiri. Dan ruang bawah yang disebut bilik jantung atau ventrical pada sebelah kanan dan kiri. Rongga-rongga itu dipisakhan atau disekat oleh otot yang tebal bernama septum.

– Klep jantung. Jantung mempunyai empat klep yang akan mengarahkan kemana darah akan mengalir, seberapa besar alirannya dan kapan darah tersebut harus berhenti. Empat lep yang dimaksud adalah:

  1. Klep tricuspid, Jika jlep ini terbuka maka akan membiarkan darah mengalir dari bilik kanan saat jantung relaksasi dan akan menutup untuk mencegah darah supaya tidak mengalir kembali ketubuh jika jantung berkontraksi.
  2. Klep mitral. Klep ini yang mengatur darah mengalir antara serambi kiri dan bilik kiri.
  3. Klep pulmic. Klep ini akan mengatur aliran darah dari bilik kanan kearteri yang memasok darah ke paru-paru.
  4. Klep aorta yang menjadi pemisah antara bilik kiri dan aorta. Jika aorta terbuka maka darah akan mengalir keseluruh tubuh yakni pada saat jantung berkontraksi dan akan menutup kembali jika jantung berelaksasi.
    Secara garis besar fungsi dari klep pada jantung ialah untuk membuka dan menutup aliran daran dari dalam rongga jantung agar dpat mengalir ke satu arah dan mencegah terjadinya arus balik.

– Sistem listrik. Sistem elektrik yang terdapat pada jantung terdiri dari dua node elektris yaitu sinotrial node atau SA yang berada pada bagian atas serambi kanan jantung dan antrioventrical node atau AV. Node-node ini akan menyalirkan aliran listrik pada saat yang tepat sehingga irama atau denyut jantung ekspansi dan kontraksi pada jantung terkoordinasi. Sistem syaraf akan mengendalikan kerja dari sistem listrik ini yang dapat mempercepat atau memperlambat denyut jantung, tergantung sejauh mana pusat syaraf itu tegang atau relaks.

Itulah sekilas tentang Jantung, semoga dapat membantu pembaca sekalian, sampai jumlah di lain kesempatan.