Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial atau Tajuk Rencana

Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial atau Tajuk Rencana

Posted on

Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial atau Tajuk Rencana – Surat kabar ialah media yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi kepada pembaca. Di dalam surat kabar pula terdapat yang namanya Editorial atau juga taju rencana. Membahas Tajuk Rencana sedari Pendidikan Dasar kita sudah mengenal hal yang namanya Tajuk Rencana. Di dalam Editorial atau Tajuk rencana ini terdapat yang namanya Fakta dan Opini. sebelum kita membahas lebih jauh perbedaan antara Fakta dan Opini yang ada pada Editorial, kita akan membahas pengertian Editorial itu sendiri terlebih dahulu.

Membedakan Fakta Dan Opini Pada Editorial atau Tajuk Rencana

Pengertian Editorial

Editorial merupakan kolom pada surat kabar maupun majalah yang berisi tentang tanggapan suatu media terhadap suatu peristiwa, yang berupa dukungan, pujian, kritikan maupun cemoohan. Pada Editorial atau Tajuk Rencana selalu menyertai suatu berita yang ada pada surat kabar atau majalah. Editorial ditulis oleh redaktur media masa. Yang umumnya, editorial tersebut berisi tentang masalah yang sedang menjadi sorotan masyarakat.

Perbedaan Fakta & Opini pada Editorial atau Tajuk Rencana

Editorial mengemukakan pendapat-pendapat atau opini. Beberapa pendapat tersebut merupakan tanggapan terhadap peristiwa atau fakta yang terjadi, dan menjadi sorotan penting media. Dengan demikian pada Editorial selalu ada Fakta & Opini. Fakta pada editorial atau tajuk rencana merupakan hal-hal faktual yang diambil dari peristiwa atau gejala tertentu di masyarakat. Dan adapun opini merupakan argumen atau tanggapan redaksi terhadap peristiwa atau gejala yang di jadikan pokok pembicaraan dalam editorial atau tajuk rencana. Untuk lebih jelasnya cobalah anda cari dan baca editorial serta perhatikan secara seksama adakah hal yang telah dijelaskan diatas pada editorial yang anda baca.

Demikianlah ulasan singkat cara Membedakan Fakta & Opini pada Editorial atau Tajuk Rencana, semoga bermanfaat.