Membaca Intensif Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap

Membaca Intensif Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap

Posted on

Membaca Intensif Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap – Bicara soal biografi, biasanya banyak buku biografi tentang para tokoh nasional yang pernah kita baca. Biografi merupakan buku karangan yang menjelaskan riwayat hidup seorang tokoh. Biografi pula harus bersifat jujur jelas apa adanya, tanpa adanya penambahan atau pengurangan. Biografi merupakan bentuk pertanggung jawaban moral seorang tokoh terhadap kejujuran atas kisah hidupnya.

Membaca Intensif Buku Biografi Dan Memahaminya Lengkap

Teknik Membaca Intensif

Pada saat membaca biografi tokoh atau seseorang, kita harus memerlukan teknik membaca yang secara intensif. Membaca intensif disini ialah kegiatan membaca denagan cara saksama, teliti, & mendalam tentang segala hal yang ditulis pada teks yang bertujuan agar dapat memahami isi dari bacaan secara utuh. Teknik ini agar dapat membaca buku biografi, diperlukan agar dapat menemukan hal-hal yang baik maupun yang tidak baik dari seorang tokoh. Hal-hal baik dari tokoh tsb dapat dicontoh & diteladani sebagai sumber motivasi untuk berbuat yang lebih baik. Hal yang tidak baik menjadi pelajaran agar tidak kita lakukan oleh pembaca biografi tersebut.

Ketika membaca buku biografi seorang tokoh, Berikut ini ialah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca

  1. Judul biografi.
  2. Hal menarik dan mengesankan dari perjalanan hidup tokoh.
  3. Hal yang mengagumkan & mengharukan dari kehidupan tokoh.
  4. Hal yang dapat dicontoh dari tokoh untuk kehidupan sendiri.

Dengan membaca biografi kita bisa belajar banyak hal darinya antara lain:

  1. Biografi bisa dijadikan sebagai pelajaran atau pewarisan nilai-nilai kepada orang lain yang membaca atau mendengarkan dari kisahnya.
  2. Dari buku biografi ini kita bisa memberi makna serta mengambil manfaat dari kisah hidup orang lain atau peristiwa yang telah terjadi.

Hal-hal yang Menarik dari Tokoh

Biografi berisi tentang perjalanan hidup tokohnya, mulai dari awal lahir, menjadi tokoh bahkan sampai tokoh tersebut meninggal. Selain dari kisah hidup, dalam biografi juga dikemukakan;

  1. Prestasi & karya-karyanya.
  2. Keteladanan atau sikap-sikapnya yang bijak.
  3. Pengorbanannya dalam memperjuangkan kebenaran & keadilan.

Anda juga membaca biografi & mencari hal yang menarik dari kehidupan sang tokoh.

Meneladani Tokoh dalam Biografi

Kita bisa menentukan sesuatu yang dapat diteladani dari biografi seorang tokoh. Hal tersebut dapat kita lihat dari perjuangannya, kehidupannya, & semangatnya.

Itulah sekilas tentang Biografi, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita.

loading...