Cara Kerja Jantung Pada Manusia Dan Penjelasannya
Cara Kerja Jantung Pada Manusia Dan Penjelasannya

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Dan Penjelasannya

Posted on

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Dan Penjelasannya – Jantung yang dalam bahasa latin cor merupakan sebuah rongga organ yang berotot dan berfungsi memompa darah dari pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang-ulang. Jantung ialah satu organ manusia yang sangat berperan penting dalam sistem peredaran darah.

Cara Kerja Jantung Pada Manusia Dan Penjelasannya

Bagaimanakah Cara Kerja Jantung?

Jantung terdiri atas empat ruang, yakni: dua atrium serta dua ventrikel. Pada bagian sisi kanan jantung berfungsi mengumpulkan darah dalam atrium kanan. Selanjutnya Darah mengalir ke paru-paru melalui ventrikel kanan. Di dalam paru-paru darah teroksigenasi (kaya oksigen). Dan Jantung kiri mengumpulkan pemurnian darah ke atrium kiri. Dari sinilah darah akan masuk ke dalam ventrikel kiri. Yang mana ventrikel kiri yang bertanggung jawab agar sirkulasi ke seluruh bagian tubuh. Mari kita simak bagaimana darah mengalir melalui jantung ke seluruh organ tubuh manusia, berikut ini.

  1. Darah pada atrium kanan akan memasuki ventrikel kanan dari katup trikuspid.
  2. Yang mengalir ke paru-paru dari arteri pulmonalis.
  3. Selanjutnya darah melakukan perjalanan ke atrium kiri melalui vena pulmonalis. Dan Vena membawa darah yang kaya oksigen ke atrium kiri.
  4. Kemudian harus mengalir melalui katup mitral agar mencapai ventrikel kiri.
  5. Melalui katup aorta semilunar ini, darah selanjutnya dipompa ke aorta. Garpu aorta dan darah mengambil jalan agar melakukan perjalanan ke organ-organ bagian atas dan tubuh bagian bawah.
  6. Arteri, arteriol serta kapiler membentuk jaringan untuk aliran darah ke setiap sel tubuh kita.
  7. Dan beberapa bagian dari darah masuk ke ginjal. Mereka menyaring limbah dari darah sebelum darah dalam perjalanan kembali ke jantung.
  8. Vena kava inferior serta superior ialah pembawa darah terdeoksigenasi kembali ke atrium kiri.

Atrium dan ventrikel berkontraksi serta berelaksasi secara bergantian suapaya memompa darah ke tubuh kita. Ketika terjadi kontraksi ventrikel, darah akan dapat mengalir kembali ke bagian atria. Namun katup mitral dan trikuspid mencegah hal ini terjadi, dengan menutup ketika ventrikel penuh.

Itulah ulasan singkat seoutar cara kerja dari Jantung, semoga dapat membantu dan salam sampai berjumpa lagi.