14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Posted on

14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli – Geografi ialah ilmu tentang bumi yang sudah diajarkan sedari pendidikan menengah SMP atau SMA, pada kesempatan kali kita akan membahas tentang Geografi, yaitu pengertian secara umum maupun pengertian menurut para ahli. Baiklah kita akan mulai dengan pengertian Geografi secara umum. Geografi merupakan ilmu mempelajari tentang keadaan bumi. Geografi sendiri kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo yang berarti bumi & graphein yang berarti tulisan atau juga lukisan. Kata lukisan memiliki makna yang dalam, dapat mencakup unsur-unsur yang menggambarkan atau menerangkan fenomena (alam & manusia) agar dapat diperoleh kesimpulan terhadap hubungan antar fenomena tsb.

14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Bicara tentang pengertian banyak sekali pengertian dari para ahli yang memiliki pandangan yang berbeda namun dalam satu tujuan yang sama, dan berikut ini merupakan pengertian geografi para ahli:

1. Erastothenes, Menurutnya Geografi merupakan penulisan tentang bumi. Definisi tersebut sesuai dengan perkembangan geografi di masa itu yang membicarakan tentang keadaan daerah lain.

2. Claudius Ptolomaeus, Menurutnya geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian & seluruh permukaan bumi.

3. John Mackinder (1861-1947), Menurutnya geografi merupakan satu kajian mengenai keterkaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

4. Ekblaw dan Mulkerne, Menyatakan geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi & kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang dikonsumsi, pakaian yang digunakan, rumah yang dihuni & tempat rekreasi yang dinikmati.

5. Strabo, Menyatakan geografi berkaitan dengan karakteristik tertentu tentang suatu tempat dengan memperhatikan hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan. Geografi sejak perkembangannya, bermulai dari menceritakan tentang daerah lain, sudah lebih di khususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu daerah yang sudah mempunyai cirikhas tersendiri dan adanya hubungan antardaerah (tempat).

6. Bintarto (1977), Geografi merupakan Ilmu mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi & peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik itu secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, & regional untuk kepentingan program, proses, & keberhasilan pembangunan

7. Preston E. James, menyatakan, geografi merupakan ilmu yang berkaitan dengan sistem keruangan, ruang yang menempati permukaan bumi. Geografi pula selalu berkaiatan dengan hubungan timbal balik antara manusia dan habitatnya.

8. Ullman (1954), menurutnya Geografi merupakan interaksi antar ruang.

9. Maurice Le Lannou (1959) beliau menyatakan, geografi merupakan kelompok manusia & organisasinya di muka bumi

10. Paul Claval (1976) beliau mengemukakan, bahwa ilmu Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan.

11. Karl Ritter, beliau mengemukakan bahwa Geografi merupakan ilmu tentang daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi (Different areal) dalam keragamannya.

12. John Hanrath, menyatakan bahwa Geografi merupakan pengetahuan yang menyelidiki persebaran dari gejala-gejala fisik biologis & antropologis pada ruang di permukaan bumi ,sebab akibat & gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan.

13. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980), menyatakan bahwa Geografi merupakan deskripsi & penjelasan yang menganalisis permukaan bumi serta pandangannya tentang hal yang selalu berubah & dinamis, serta tidak statis & tetap. Dari pengertian diatas Vernor & Glen menitik beratkan pada aspek fisik yang ada pada bumi yang selalu berubah dari masa ke masa.

14. Hartshorne (1950), menyatakan bahwa Geografi merupakan ilmu yang berkepentingan yang dapat memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, & rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi merupakan suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.

Itulah sekilas tentang pengertian dari Geografi. baik secara umum maupun pendapat para ahli, sampai berjumpa dikesempatan selanjutnya.