Ruang Lingkup Geografi Lengkap
Ruang Lingkup Geografi Lengkap

Ruang Lingkup Geografi Lengkap

Posted on

Ruang Lingkup Geografi Lengkap – Kata Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo dan graphein. Geo yang bermakna bumi sedangkan graphein ialah tulisan. Secara umum geografi merupakan ilmu kebumian. Istilah ini pertama kali di perkenalkan oleh Eratosthenes dengan nama geographica. Walaupun interaksi antara manusia dengan lingkungannya merupakan inti dari kajian geografi, adapun terdapat berbagai pendapat tentang hakikat, konsep sampai batasan dari geografi. Namun, meski terdapat berbagai pandangan mengenali Geografi, akan tetapi para ahli geografi setuju/sepakat dengan adanya elemen-elemen yang sama yaitu:

Ruang Lingkup Geografi Lengkap
Ruang Lingkup Geografi Lengkap
  • Geografi merupakan ilmu yang termasuk dalam ilmu pengetahuan bumi dengan objek permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia dengan lingkungannya dapat mengubah dan membangunnya.
  • Geografi memperlihatkan persebaran dari manusia dalam ruang dan hubungan manusia dengan lingkungan manusia itu sendiri.

Perkembangan Pandangan dalam Geografi

Berdasarkan pengkajian dan analisi dari para pakar dalam geografi, pandangan terhadap geografi mengalami perkembangan. Namu hingga sampai saat ini studi geografi dapat di bedakan menjadi dua:

a. Geografi Ortodoks
Merupakan geografi yang bidang kajiannya suatu region (wilayah) dan analisis terhadap sistem sistematiknya. Dan terdapat empat kajian di dalam geografi ortodoks, yaitu geografi fisik, geografi manusia dan teknik.

b. Geografi Terintegrasi
Merupakan kajian geografi dengan pendekatan terpadu, yakni integrasi elemen-elemen geografi sistematik yang terdiri atas geografi fisik dan geografi manusia dengan geografi regional yang terdiri atas geografi regional zona dan geografi kultur.

Pendekatan dalam geografi

  1. Pendekatan keruangan – Pendekatan ini terdiri atas pendekatan Topik, Pendekatan Regional dan Pendekatan Aktivitas Manusia.
  2. Pendekatan Ekologi – Pendekatan Kompleks wilayah

Objek Studi di dalam Geografi

Objek Studi geografi merupakan objek yang di pelajari di dalam geografi, yakni semua fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer yang meliputi, Litosfer, Hidrosfer, Atmosfer, Biosfer dan Antrosfer. Sekian penjelasan singkat tentang Ruang lingkup geografi dan sedikit tentang objek studi di geografi yang akan kita bahas dalam pertemuan lain, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita dalam ilmu Geografi, Maju terus pendidikan Indonesia.