Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap
Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap

Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap

Posted on

Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap – Ilmu Ekonomi secara garis besar dapat dipisahkan menjadi dua yakni ilmu ekonomi mikro dan makro. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari Ilmu ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro :

Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap
Perbedaan Antara Ekonomi Mikro Dan Makro Lengkap

Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari beberapa variabel dalam ekonomi secara keseluruhan (agregat). Variabel-variabel disebutkan antara lain, yaitu: Kesempatan Keraja, Pendapatan Nasional, Pengangguran, Jumlah peredaran uang, Laju inflasi, Pertumbuhan Ekonomi sampai neraca pembayaran internasional.

Ilmu Ekonomi Makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang masalah-masalah utama ekonomi, dan berikut ini masalah pada ekonomi makro :

1. Sejauh mana seluruh sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Dan jika seluruh sumber daya telah dimanfaatkan, dan keadaan ini disebut full employment. Dan sebaliknya jika terdapat sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran atau belum ada pada posisi kesempatan kerja full (penuh).

2. Sejauh apa perekonomian dalam keadaan yang stabil dan khususnya stabilitas dibidang moneter. Jika nilai uang cenderung turun dalam jangka yang panjang berarti terjadi inflasi. Dan sebaliknya akan terjadi deflasi.

3. Sejauh apa perekonomian mengalami perkembangan dan perkembangan (pertumbuhan) tersebut disertai distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi terdapat trade off yang berarti jika salah satu membaik maka yang lainnya cenderung memburuk.

Ekonomi Mikro

Ilmu Ekonomi Mikro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang variabel-variabel ekonomi dalam lingkup yang kecil, misalnya sebuah perusahaan dan rumah tangga. Di dalam ekonomi ini dipelajari tentang kepuasan yang optimum. Yang secara teori, pada tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi ataupun produksi yang optimum bersama dengan individu-individu lain akan menghasilkan keseimbangan dalam sekala makro dengan asumsi ceteris paribus.

Dan berikut ini merupakan tabel Perbedaan dari Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro :

TABEL PERBEDAAN

TABEL PERBEDAAN

Sekian Ulasan Tentang Perbedaan dari Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro, Semoga bermanfaat.