Pengertian Taubat dan Raja'
Pengertian Taubat dan Raja'

Pengertian Taubat dan Raja’

Posted on

Pengertian Taubat dan Raja’ – Pengertian Taubat ialah pergi dari kemaksiatan dan kembali menuju ketaatan atau kembali dari jalan yang jauh dari Allah SWT, keadaan jalan yang lebih dekat kepada Allah akan membersihkan hati dari segala dosa serta mendingkalkan keinginan untuk berbuat kejahatan, seperti yang pernah diperbuat karena mengagungkan nama Allah SWT dan merjauhkan diri dari kemukaan-Nya.

Pengertian Taubat dan Raja'
Pengertian Taubat dan Raja’

Hukum taubat merupakan wajib hukumnya bagi setip umat muslim atau muslimah di dunia yang sudah mukallaf (balig dan berakal).

Allah SWT berfirman:

“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman. Supaya kamu beruntung”. (QS. An-nur 24:31)

Taubat barulah dinggap sah dan dapat menghapus dosa jika telah memenuhi syarat yang telah di tentukan. Apabila dosa itu terhadap Allah SWT. Maka syarat taubatnya ada tiga macam, yakni :

  1. Menyesali perbuatan maksiat yang telah diperbuat
  2. Meninggalkan perbuatan maksiat yang dilarang Allah SWT
  3. Bertekad dan berjanji dengan sungguh-sungguh tidak akan mengulangi lagi perbuatan maksiat.

Namun apabila dosa tersebut terhadap sesama manusia, maka syarat taubatnya ditambah dua lagi, yakni :

  1. Memohon maaf terhadap orang yang dizalimi atau dirugikan
  2. Mengganti kerugian yang kita perbuat setimbang dengan kerugian yang dialaminya akibat perbuatan zalim itu atau minta kerelaannya.

Dosa terhadap sesama manusia ialah akibat perbuatan zalim tersebut, hendaknya diselesaikan di dunia ini juga. Apabila tidak., maka pelaku, dosanya di alam akhirat termasuk orang yang merugi bahkan celaka. Namun seorang telah terlanjur berbuat dosa, lalu ia bertaubat dengan sebenar-benarnya dan sungguh-sungguh tobat, tentu ia akan memperoleh banyak hikmah dan manfaat. Tentu saja taubat yang dilakukan haruslah memenuhi syarat taubat yang telah ditentukan. Adapun hikmah dan manfaat yang dapat diperoleh dari taubat itu antara lain ialah: dosanya akan diampuni, memperolah rahmat dari Allah SWT, dan mendapat bimbingan untuk masuk surga.
Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga”. (Q.S At-Tahrim, 66 : 8)

Perlu diketahui dan disadari oleh semua orang yang telah terlanjur berbuat dosa, bahwa seorang yang telah membaca istigfar (mohon ampunan atas dosa kepada Allah), namun terus menerus berbuat dosa, maka ia akan dianggap telah mengolok-ngolok Tuhannya. Dan demikian juga seorang yang berbuat dosa dan baru melakuakn taubat ketika “sakaratul maut” maka taubatnya tidak akan diterima Allh SWT.

Pengertian Raja’, merupakan mengharap keridaan dari Allah SWT. Dan rahmat-Nya. Rahmat merupakan segala karunia Allah SWT. Yang mendatangkan manfaat dan nikmat. Raja’ pula termasuk akhlakul karimah terhadap Allah SWT, yang manfaatnya dapat mempertebal iman dan mendekatkan diri kapada Allah SWT. Umat Muslim yang mengharapkan ampunan dari Allah, berarti ia mengakui bahwa Allah itu maha Pengampun. Muslim yang mengharapkan agar Allah melimpahkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, berarti ia meyakini bahwa Allah itu maha Pengasih dan Maha Penyayang. Maka, sudah sewajarnya setiap muslim senantiasa berharap untuk memperoleh ridlo dan rahmat Allah, sebagai bukti penghambaan kita kapada-Nya. Allah SWT telah memperintahkan kepada orang-orang yang beriman agar banyak berdoa kepada Allah SWT, dengan berharap Allah SWT akan mengabulkan doanya.

Seseorang yang mengharapkan ridho dan rahmat Allah SWT, akan bahagia di dunia dan akhirat barang tentu harus berusaha dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang menyababkan apa yang diharapkannya itu terwujud. Apabila ia hanya berharap saja tanpa mau berusaha itu namanya berangan-angan kosong atau berhayal. Sekian Pengertian Taubat dan Raja’ dengan membaca ini semoga kita tau apa yang benar dan apa yang salah, penulis juga barang tentu masih banyak kesalahan, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Terima Kasih.