Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap
Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap

Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap

Posted on

Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap – Sebelum membahas isi hukum Permintaan serta hukum Penawaran mari kita simak pengertian dari keduanya.

Permintaan merupakan beberapa barang atau produk yang akan dibeli dan diminta pada tingkat tertentu dalam waktu tertentu. Sedangkan Penawaran merupakan jumlah barang atau produk yang ditawarkan di tingkat harga yang tertentu dan dalam waktu tertentu pula.

Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap
Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Lengkap

A. Bunyi Hukum Permintaan: ” apabila harga mengalami kenaikan maka jumlah barang atau produk yang diminta akan mengalami penurunan, dan jika harga mengalami penurunan maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan”. Dalam Hukum Permintaan jumlah barang atau produk yang diminta akan berbanding terbalik dengat tingkat dari harga barang atau produk. Kenaikan harga barang akan mengakibatkan berkurangnya jumlah barang yang diminta. Hal ini disebabkan:

Naiknya harga yang menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan mengakibatkan berkurangnya jumlah permintaan. Dan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang lebih murah.

B. Bunyi Hukum Penawaran: ” Apabila harga tingkat mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan apabila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun”. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat dari harga, di hukum penawaran ini hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga barang.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran

Faktor yang mempengaruhi permintaan, yakni:

  1. Harga barang atau produk itu sendiri
  2. Harga barang-barang yang lain bersifat substitutif
  3. Pendapatan rumah tangga atau pendapatan masyarakat
  4. Selera dan prilaku seorang atau masyarakat
  5. Jumlah Penduduk

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, yakni:

  1. Harga Barang atau produk itu sendiri
  2. Harga Barang-barang lain
  3. Biaya untuk produksi
  4. Tujuan dari perusahaan
  5. Pajak
  6. Tingkat teknologi yang digunakan
  7. Perkiraan harga barang di masa yang akan datang

Sekian pengertian hukum permintaan dan hukum penawaran dari kami semoga dapat membantu dan menambah wawasan pembaca dan penulis khususnya.