Metode Pendekatan Geografi Lengkap
Metode Pendekatan Geografi Lengkap

Metode Pendekatan Geografi Lengkap

Posted on

Metode Pendekatan Geografi Lengkap – Pada sistem bumi mempunyai suatu sistem yang kompleks, cara terbaik mempelajarinya dengan memahami pada setiap komponen-komponennya dengan berbagai pendekatan dalam ilmu geografi. Inilah ilmu geografi dari sudut pendekatan sistem. Pendekatan tersebut akan terus mengalami perkembangan sampai masa geografi modern ini.

Dalam ilmu geografi modern yang telah dikenal dengan nama geografi terpadu atau (integrated geography) dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu sebagai berikut :

Metode Pendekatan Geografi Lengkap
Metode Pendekatan Geografi Lengkap

a. Pendekatan Keruangan

Pendekatan keruangan mendasarkan perbedaan lokasi dari sifat-sifat terpenting seperti perbedaan struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan berhubungan dengan elemen yang membentuk ruang yang berupa kenampakan titik, garis, dan area. Akan tetapi pola keruangan berhubungan dengan lokasi distribusi ketiga elemen tersebut. Distribusi elemen geografi ini akan memunculkan atau membentuk pola seperti memanjang, radial, dan sebagainya.

Penelitian suatu masalah menggunakan pendekatan ini bisa dilakukan dengan pertanyaan 5W 1H sebagai berikut:

  • What (apa), agar dapat mengetahui fenomena alam apa yang sedang terjadi atau telah terjadi
  • When (kapan), agar dapat mengetahui waktu kapan terjadinya fenomena alam yang terjadi
  • Where (dimana), agar dapat mengetahui tempatdimana fenomena alam terjadi
  • Why (mengapa), agar dapat mengetahi penyebab kenapa terjadi fenomena alam tersebut
  • Who (siapa), agar dapat mengetahui subjek atau pelaku yang menyebabkan fenomena alam terjadi
  • How (bagaimana), agar dapat mengetahui bagaimana proses terjadinya fenomena alam.

b. Pendekatan kelingkungan atau ekologi

Pendekatan ini tidak hanya berdasarkan interaksi organisme dengan lingkungannya, tetapi dikaitkan juga dengan fenomena yang terjadi dan perilaku manusia. Karena sebenarnya lingkungan geografi memiliki dua sisi yakni perilaku dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku berkaitan dengan dua aspek, yakni pengembangan gagasan dan kesadaran lingkungan.

c. Pendekatan komplek wilayah

Pendekatan komplek wilayah berdasarkan pada kombinasi antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Pendekatan ini menitik beratkan pada pengertian “areal differentiation” yakni adanya perbedaan karakteristik tiap-tiap wilayah. Perbedaan tersebut akan mendorong suatu wilayah sehingga dapat berinteraksi dengan wilayah lain. Perkembangan wilayah yang saling dalam perancangan kawasan pemukiman. Menggunakan Metode dan Pendekatan Geografi dalam Kajian Fenomena Geosfer.

Gejala geosfer ialah gejala-gejala atau tanda-tanda yang berkaitan dengan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Dalam menjenjelaskan hubungan timbal balik antar manusia dengan alam, geografi menggunakan sudut pandang kewilayahan. Maksudnya yaitu geografi mengulas suatu wilayah yang menurut kenyataan wilayah tersebut. Dalam geografi wilayah dapat diartikan sebagai luas atau sempitnya suatu bagian. Telaah geografi dengan sudut pandang kewilayahan akan memberikan kejelasan tentang interaksi dan interdepensi atau ketergantungan antara manusia dan alam di lingkungan hidupnya. Persamaan dan perbedaan ini antara gejala geosfer yang dipelajari dengan sudut pandang kewilayahan serta konteks keruangan yakni ruang tempat hidup manusia. Didalam ruang tersebut terdapat hubungan saling ketergantungan antara manusia denga lingkungan alam.

loading...

Itulah ulasan singkat seputar Metode/pendekatan Geografi semoga dapat menambah wawasan kita.