Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap
Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap

Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap

Posted on

Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap – Biografi dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah riwayat hidup (Seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri secara umum. Biografi adalah keterangan atau cerita tentang kehidupan seseorang. Biografi lebih kompleks dari sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga mengkisahkan perasaan orang yang terlibat dalam kejadian-kejadian yang diceritakan. Didalam biografi dijelaskan secara lengkap kehidupan seseorang sejak lahir sampai ia meninggal. Semua jasa, karya dan semua hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh ditulis dan dijelaskan juga.

Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap
Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Lengkap

Autobiografi atau juga sering disebut oto biografi berasal dari bahasa Yunani yang berarti riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh orang tersebut atau modern ditulis bersama-sama dengan penulis lain “atau” “dengan”. Pengarang biografi biasanya mengandalkan atau menggunakan berbagai sudut pandang dan berbagai macam dokumen, namun autobiografi bisa hanya didasarkan semuanya dari ingatan pengarang. Oto biografi juga berikatan dengan memoar dan terkadang sedikit sukar membedakan keduanya.

Perbedaan biografi dan autobiografi dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan perbedaan antara biografi dan autobiografi adalah:

1. Informasi yang ada didalam sebuah biografi dikarang mengandalkan studi literatur, dokumen penting atau mengandalkan narasumber sebagai saksi dalam mengungkap peristiwa dengan fakta yang ada. Informasi biografi seorang tokoh biasanya mengandung motivasi, hikmah dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri tauladan bagi pembaca. Subjek dalam menulis biografi adalah tokoh terkenal yang memiliki jasa, karya atau pemikiran yang punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

2. Autobiografi atau otobiografi ditulis sendiri atau bersama dengan pengarang lain berdasarkan pengalaman selama menjalani kehidupan. Autobiografi biasanya berisi informasi tentang kehidupannya dari yang sulit sampai meraih keberhasilan. Biasanya isi dan autobiografi hanya menunjukkan informasi yang bersifat positif. Contohnya, dalam dunia politik autobiografi seorang pejabat hanya sebagai pencitraan. Meskipun tidak semua dengan tujuan seperti itu akan tetapi inti dari autobiografi adalah supaya masyarakat mengetahui atau mengenal apa yang dilakukannya selama hidup sehingga dapat diambil hikmah atau pelajaran dari apa yang dibaca.