Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap
Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Posted on

Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap – Novel merupakan bentuk dari karya sastra berbentuk prosa yang memiliki 2 unsur, yaitu unsur instrinsik dan ekstrinsik. Definisi dari novel adalah suatu bentuk dari karya sastra yang merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan / kata-kata dan mempunyai unsur instrinsik dan juga unsur ekstrinsik. Novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Di dalam novel biasanya pengarang berusaha semaksimal mungkin mengarahkan pembaca kepada berbagai macam gambaran kehidupan nyata melalui cerita yang terkandung di dalam novel tersebut.

Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap
Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Adapun unsur-unsur dari novel sebagai berikut:

1. Unsur Intrinsik Novel

Merupakan unsur pembangun karya sastra dari dalam, diantaranya sebagai berikut:

a. Tema

Tema merupakan pokok dari permasalahan yang ada di dalan cerira novel yang dibuat.

b. Penokohan

Penokohan merupakan pemberian watak atau karakter pada tiap-tiap pelaku dalam sebuah cerita. Para pelaku/toko yang bisa diketahui karakternya dari ciri fisik, bertindak, dan lingkungan tempat tinggal.

c. Alur

Alur merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk suatu jalannya cerita novel. Alur di bedakan menjadi 2 bagian, antara lain: Alur maju (progresif) yaitu apabila peristiwa tersebut bergerak secara bertahap berdasarkan urutan kronologis menuju alur cerita. Sedangkan alur mundur atau flash back progresif terjadi karena ada kaitannya dengan suatu peristiwa yang sedang terjadi.

d. Gaya Bahasa

Gaya bahasa merupakan alat utama seorang pengarang untuk menggambarkan, melukiskan dan menghidupkan cerita secara estetika. Jenis dalam gaya bahasa, diantaranya sebagai berikut

  1. Personifikasi: suatu gaya bahasa yang mendeskripsikan macam-macam benda mati dengan cara memberikan berbagai macam sifat-sifat seperti manusia.
  2. Perumpamaan (simile): suatu gaya bahasa yang mendiskripsikan sesuatu dengan pengibaratan.
  3. Hiperbola: Hiperbola merupakan gaya bahasa yang mendeskripsikan sesuatu dengan cara yang berlebihan dengan maksud memberikan suatu efek yang berlebihan.

e. Latar/Setting

Latar atau setting merupakan gambaran yang terjadi pada peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita meliputi waktu, tempat, sosial budaya, sampai keadaan lingkungan.

f. Sudut Pandang

Sudut pandang dapat disimpulkan, atau yang terdapat dalam cerita yang ada pada novel tersebut.

g. Amanat

Amanat merupakan pesan yang disampaikan yang dituangkan didalam cerita novel tersebut.

2. Unsur Ekstrinsik Novel

Merupakan suatu unsur yang membangun karya sastra yang berasal dari luar. Diantaranya yaitu kapankah karya sastra itu dibuat, latar belakang kehidupan si pengarang, latar belakang sosial pengarang tersebut, latar belakang penciptaan, biografi pengarang, sejarah dan lain-lain dari novel tersebut.