Pengertian, Komponen, dan Macam Macam Ekosistem
Pengertian, Komponen, dan Macam Macam Ekosistem

Pengertian, Komponen, dan Macam-Macam Ekosistem

Posted on

Pengertian, Komponen, dan Macam-Macam Ekosistem – Ekosistem merupakan suatu proses yang terbentuk karena ada hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Seperti yang kita tahu bahwa terdapat komponen biotik dan abiotik. Kedua komponen itulah yang terlibat dalam suatu ekosistem dengan melakukan suatu hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi. Interaksi antar komponen ini akan membentuk suatu keteraturan dan kesatuan. Setiap komponen yang terlibat mempunyai fungsi masing-masing dan selama fungsinya berjalan normal tidak terganggu maka keseimbangan dari suatu ekosistem akan terjaga.

Pengertian, Komponen, dan Macam Macam Ekosistem
Pengertian, Komponen, dan Macam Macam Ekosistem

Dilihat dari fungsi dan aspek penyusunnya, ekosistem dibedakan menjadi dua kelompok:

  1. Komponen abiotik, ialah komponen yang terbentuk dari bahan yang tidak hidup atau non hayati yang meliputi komponen kimia dan fisik, seperti air, tanah, matahari, energi dan udara.
  2. Komponen biotik, ialah komponen yang terdiri dari mahkluk hidup.

Komponen biotik dalam suatu ekosistem dibagi menjadi dua, yaitu organisme autotrof dan heterotof. Organisme autotrof merupakan semua organisme yang bisa membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Seluruh organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau disebut organisme autotrof. Organisme autotrof dibagi menjadi dua:

  1. Fotoautotrof, ialah organisme yang memanfaatkan energi cahaya untuk mengubah bahan anorganik menjadi organik
  2. Kemoautotrof, ialah organisme yang memanfaatkan energi dari reaksi kimia untuk membuat bahan makanan sendiri dari bahan organik.

Organisme heterotof merupakan organisme yang yidak mampu membuat makannya sendiri melainkan memanfaatkan bahn organik dari organisme lainnya sebagai bahan makanan. Organisme heterotof dibagi menjadi tiga tingkat:

  1. Konsumen yang dengan langsung memakan organisme lain.
  2. Pengurai yang mendapatkan bahan makanan dari menguraikan bangkai.
  3. Detrivor ialah pemakan pertikel organik atau jaringan yang sudah membusuk. Contohnya cacing dan lintah.

Satuan makhluk hidup dalam ekosistem:

  1. Individu ialah satu makhluk hidup, misalnya seekor sapi
  2. Populasi ialah sekelompok makhluk hidup yang tinggal disatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan berkembang biak, contohnya sekumpulan lebah.
  3. Komunitas yaitu kumpulan populasi yang tinggal di daeah yang sama dan dalam waktu yang panjang.
  4. Ekosistem ialah kumpulan dari komunitas yang melibatkan kerja sama atau interaksi yang baik antara makhluk hidup.

Ekosistem yang terjadi di bumi dibagi menjadi dua macam:

  1. Ekosistem ilmiah merupakan ekosisitem yang terbentuk sendiri secara alami tanpa ada campur tangan manusia, karenanya disebut ekosistem ilmiah.
  2. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang terbentuk karena adanya campur tangan meanusia. Ekosistem ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia tetapi tidak semata untuk memenuhi kebutuhan tersebut seperti ladang.

Itulah pengertian komponen dan macam-macam ekosistem semoga dapat membantu dan wawasan kita.

loading...