Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Posted on

Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial – Inreraksi sosial ialah hubungan dalam bersosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok. Dengan Tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial merupakan suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau pula saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidup di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Dan Pengertian Interaksi Sosial menurut beberapa ahli, Interaksi merupakan hubungan timbal balik antara dua orang ataupun lebih, serta masing-masing orang yang terlibat didalamnya memainkan suatu peran secara aktif. Dalam interaksi pula lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak-pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat terjadinya interaksi sosial sendiri terdiri dari kontak sosial dan komunikasi sosial. Kontak sosial pula tidak hanya dengan bersentuhan fisik. Dengan adanya perkembangan teknologi manusia dapat berhubungan tanpa bersentuhan, misal melaui alat semacam telepon, telegraph dan semacamnya. Komunikasi juga dapat diartikan apabila seseorang dapat memberi arti pada prilaku orang lain ataupun perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

Proses Interaksi Sosial yang sering terjadi dalam masyarakat bersumber dari faktorn imitasi, sugesti, simpati, identifikasi dan empati. Dan berikut ini penjelasannya :

– Imitasi, merupakan tindakan dalam kehidupan sosial sesorang untuk meniru sikap, tindakan, atau tingkah laku dan penampilan fisik seseorang.

– Sugesti, merupakan rangsangan, pengaruh, dan stimulus yang diberikan seseorang untuk orang lain sehingga ia melakukan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.

– Simpati, merupakan suatu sikap dari seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain dari penampilan, kebijaksanaan, ataupun pola pikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh mereka yang menaruh simpati.

loading...

– Identifikasi, merupakan keinginan sama ataupun identik bahkanpun serupa dengan orang lain yang ia tiru, seperti idolanya.

– Empati, merupakan proses ikut serta merasakan apa yang dialami oleh orang lain. Proses empati juga biasanya ikut serta merasakan penderitaan orang lain.

Apabila proses interaksi sosial tidak sekalipun terjadi secara maksimal akan menyebabkan terjadinya kehidupan yang terasing. Faktor dari penyebab kehidupan terasing misalnya sengaja dikucilkan dari lingkungannya, mengalami cacat, pengaruh perbedaan ras dan perbedaan budaya. Sekian ulasan tentang pengertian interaksi sosial semoga dapat bermanfaat.