Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat
Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat

Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat

Posted on

Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat – Hikayat merupakan sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang suatu kekuatan, kesaktian, dan mukjizat. Hikayat sendiri memiliki unsur-unsur yaitu alur, tema, penokohan, sudut pandang, semua yang telah disebutkan merupakan unsur dari hikayat, adapun tujuan unsur dari hikayat adalah bertujuan untuk mengetahui bahwa kita telah mengerti apa itu hikayat yang telah kita baca karena kita telah dapat mengisi dari unsur pada hikayat, dan unsur pada hikayat juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk lebih mudah mengerti tentang hikayat sendiri dengan menentukan unsur-unsur dalam hikayat, seperti dibawah ini. Untuk mengetahui apa yang dimaksud alur, apa itu tema, apa itu penokohan dan lain-lain. Dan berikut penjelasan unsur-unsur dalam hikayat:

Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat
Pengertian Hikayat dan Unsur-Unsur Hikayat

Unsur-Unsur Hikayat

1. Alur atau Plot

Merupakan suatu pola pengembangan cerita yang terbentuk dari hubungan sebab-akibat. Umumnya, jalan ceritanya terdiri dari, Pengenalan situasi cerita (exposition), pengungkapan peristiwa (complication), menuju adanya konflik (rising action), puncak konflik (turning point), dan penyelesaian (editing).

2. Tema

Merupakan inti atau ide dasar dari sebuah cerita. Dan ide dasar ialah cerita yang dibangun oleh pengarang dengan memanfaatkan unsur-unsur intrinsik seperti plot, penokohan, dan latar. Tema adalah pangkal tolak ukur pengarang dalam menceritakan dunia rekaan yang akan diciptakannya.

3. Penokohan

Merupakan cara seorang pengarang menggambarkan serta mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam sebuah cerita. Untuk menggambarkan suatu karakter seorang tokoh dalam cerita, pengarang dapat menggunakan 2 teknik yaitu sebagai berikut:

– Teknik Analitik, merupakan karakter tokoh yang diceritakan secara langsung oleh si pengarang.

– Teknik Dramatik, merupakan karakter tokoh dikemukakan mulai dari :

  1. Penggambaran fisik perilaku tokoh,
  2. Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh,
  3. Penggambaran tata kebahasaan tokoh,
  4. Pengungkapan jalan pikiran tokoh,
  5. Penggambaran oleh toko lain.

4. Sudut Pandang (point of view)

Merupakan posisi seorang pengarang dalam membawakan cerita. Posisi pengarang ini terdiri dari 2 macam yaitu:

loading...
  1. Berperan langsung sebagai orang pertama, atau sebagai toko yang paling terlihat dalam cerita yang bersangkutan.
  2. Hanyalah sebagai orang ketiga yang sangat berperan sebagai pengamat.

5. Latar (Setting)

Merupakan keadaan tempat, waktu, dan suasan yang berlangsung dalam suatu cerita. Latar ini bisa bersifat faktual atau imajiner.

6. Amanat

Merupakan ajaran moral atau suatu pesan didaktis yang ingin disampaikan seorang pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Amanat juga biasanya tersimpan rapat dan disembunyikan pengarangnya dalam keseluruhan dari cerita. Maka, untuk menemukannya, tidaklah cukup dengan hanya membaca dua atau tiga paragraf, melainkan membacanya sampai tuntas. Itulah Pengertian dan Unsur-unsur dari Hikayat.