4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap
4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap

4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Posted on

4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap – Drama merupakan salah satu bentuk dari karya sastra yang diperankan oleh para pelakon (pemain drama). Adapun awal kata Drama berasal dari bahasa Yunani draomai yang mempunyai artian bertindak, berbuat, beraksi, dan berlaku. Maka drama bisa berarti suatu tidakan atau perbuatan. Adapun pengertian Drama secara umum adalah sebuah karya sastra dalam bentuk dialog yang dipertunjukkan dengan tujuan untuk pementasan oleh para pemain. Dan pertunjukan dalam naskah drama disebut dengan teater. Drama dalam artian luas adalah segala bentuk yang dipertunjukkan di depan khalayak ramai yang mengandung cerita. Sedangkan dalam arti sempit, drama merupakan sebuah kisah manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dipentaskan di atas panggung.

4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap
4 Pengertian Drama Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Berikut ini pengertian drama menurut para ahli:

1. Menurut Moulton
Drama merupakan kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action).

2. Menurut Balthazar Vallhagen
Drama merupakan sebuah pertunjukkan seni yang melukiskan sifat dan watak dari manusia dengan gerakan.

3. Menurut Ferdinand Brunetierre
Menurut beliau drama haruslah melahirkan sebuah kehendak dengan action atauk gerak.

4. Dan menurut Budianta, dkk (2002)
Drama merupakan genre sastra dimana penampilan fisik yang memperlihatkan secara verbal adanya percakapan atau dialog diantara para toko lainnya.

Adapun pengertian lainnya:

  1. Drama merupakan suatu cerita konflik kehidupan manusia berbentuk dialog yang dipertunjukkan menggunakan aksi dan percakapan yang dihadapkan kepada audiance.
  2. Drama pun berarti situasi, action, dan kuliatas komunikasi serta axciting (kehebatan).

Adapun percakapan atau dialog didalam pertunjukkan sebuah drama diatas panggung adalah hal yang sangat penting, karena didalam dialog menentukan isi dari sebuah cerita drama yang dipertunjukkan. Drama kini telah banyak dinikmati sebagai suatu hiburan atau juga pengetahuan tentang sejarah serta pengalaman dalam kehidupan seseorang yang ditampilkan diberbagai media seperti televisi contohnya sinetron dan semacamnya.

loading...

Unsur – unsur dalam Drama

Berikut adalah unsur yang ada di dalam drama:

  1. Tema
  2. Lata atau Setting
  3. Plot atau alur
  4. Penokohan dan perwatakan
  5. Amanat
  6. Akting dan Bloking
  7. Tata Pentas

Di dalam penokohan ada tokoh yang berperan sebagai tokoh antagonis maupun protagonis, antagonis merupakan toko yang sering berlakon jahat dan licik sedangkan protagonis merupakan lawan dari antagonis yang biasanya peran baik, dan sering ditindas oleh yang jahat, atau seorang pahlawan dan sejenisnya dan yang terakhir ialah peran tritagonis atau tokoh yang membantu baik membantu toko antagonis maupun protagonis.

Dan di dalam peranan banyak hal yang harus dilakukan, maka dari itu seorang pemeran haruslah melakukan latihan, dan adapun latihan-latihan tersebut antara lain: latihan gesture (gerakan wajah, tangan dan kaki yang diperankan sesuai naskah), sikap, dialog, artikulasi yang tepat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, blocking atau perpindahan dari tempat satu ketempat lainnya dan masih banyak latihan lainnya yang harus dipersiapkan secara matang oleh para pelaku drama.