Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input

Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input

Posted on

Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input – Pasar input merupakan suatu pasar yang dimana tempat berinteraksinya dan penawaran input atau sumber daya produksi. Adapun definisi lain dari pasar input ialah pasar yang menyediakan faktor-faktor produksi, yang terdiri atas pasar sumber daya alam, modal, tenaga kerja sampai pasar kewirausahaan.

Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input
Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input

Adapun ciri-ciri pasar input adalah sebagai berikut :

  1. Wujud dari pasar ini adalah kegiatan, tidak berwujud fisik.
  2. Di pasar ini pula permintaan dan penawaran dilakukan dalam jumlah yang besar
  3. Jenis penawaran dan permintaannya sesuai dengan produksi yang dihasilkan
  4. Penawaran faktor produksi dapat juga berupa monopoli namun permintaannya bersifat kolektif

Dan berikut ini adalah macam dari pasar input :

a. Tanah atau SDA (Sumber Daya Alam)

Semua kekayaan alam yang terkandung di dalam tubuh, lautan dan udara, atau yang sering disebut dengan sumber daya alam. Jumlah tanah merupakan tetap ataupun penawarannya tetap, maka kurva dari penawaran tanah bersifat in elastis sempurna yaitu, berbentuk garis lurus. Sedangkan permintaan dari tanah sendiri semakin bertambah, sehingga harga tanah semakin meningkat. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi tingginya permintaan akan tanah:

  1. Kualitas tanah disebabkan oleh kesuburan tanah, pengairannya dan adanya fasilitas listrik, serta jalan dan sarana yang lainnya.
  2. Letaknya pun strategis terutama untuk perusahaan atau industri.
  3. Banyaknya permintaan akan tanah yang digunakan untuk pembangunan pabrik, bangunan rumah, dan perumahan serta perkebunan.

b. Pasar Tenaga kerja

Pasar ini sendiri merupakan aktivitas dari pelaku yang bertujuan untuk mempertemukan para pencari pekerjaan dengan para pengguna tenga kerja itu sendiri. Sifat dari pasar ini dapat ditentukan oleh para pelaku. Pelaku disini diantaranya adalah penjual tenaga kerja, pembeli serta penyelenggara atau pengelola bursa kerja.

c. Pasar Modal

Pasar ini merupakan tempat jual-beli dana dan juga investasi jangka panjang. Permintaan dari modal berasal dari pengusaha dan penawaran yang berasal dari pemilik modal. Dan balas jasa yang diterima oleh pemilik modal yaitu bunga. Tinggi rendahnya tingkat bunga modal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Faktor permintaan serta penawaran modal didalam masyarakat.
  2. Faktor kemungkinan resiko kehilangan modal yang dipinjam.
  3. Kondisi dari perekonomian
  4. Campur tangan dari pemerintah dalam penetapan tingkatan bunga.

d. Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan inisiatif untuk mengkoordinir faktor dari produksi gunanya untuk mencapai efisiensi yang maksimal, orangnya sering juga disebut dengan wirausaha. Dalam menjalankan suatu usaha selain dari faktor tadi dibutuhkan pula orang yang mampu memimpin dan mampu menjalankan usaha dengan cukup baik. Seorang pengusaha ialah orang yang mampu memanfaatkan faktor produksi, supaya dapat mengendalikan perusahaan dengan baik, mampu menghasilkan produk yang berkualitas, hingga dapat memperoleh keuntungan dan juga berani dalam menghadapi resiko, itulah ulasan tentang pasar input semoga dapat membantu.


loading...