12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya
12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya

12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya

Posted on

12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya – Organel Sel ialah komponen penyusun dari sel dan bersifat hidup, Organel sel adalah bagian terpenting dalam sel yang berfungsi sebagai pengatur proses kehidupan didalam sel.

12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya
12 Organel Sel Dan Fungsi Fungsinya

Adapun Fungsi Organel Sel adalah sebagai berikut:

1. Membran Plasma

Membran plasma yang terbentuk dari protein dan lemak. Protein dan lemak tersebut berguna untuk melindungi sel, mengatur keluar masuknya zat dan penerima rangsang dari luar. Protein dan lemak yang tergantung pada membran plasma memiliki perbandingan 50:50. Membran sel tersusun dari lipid yang terdiri dari pospolipid dan sterol. Pospolipid bersifat hidrofilik sedangkan steler bersifat hidropobik. Protein yang berada diluar membran sel disebut protein ekstrinsit dan bersifat hidropobik. Protein yang terdapat dan menembus lapisan-lapisan lipid dinamakan protein intrinsik dan bersifat hidrofilik. Membran sel memiliki sifat semipermiabel yaitu sebagai pembatas antar isi sel dengan bagian luar sel, pelindung sel, tempat pertukaran zat, reseptor dari rangsang dan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia.

2. Ritikulum Endoplasma

Mempunyai bentuk seperti benang-benang jala, retikulum endoplasma terdiri dari RE kasar dan RE halus. RE kasar berfungsi sebagai transpor dan sintesis protein serta terdapat ribosom. Dan fungsi RE halus sebagai pengangkut protein yang dihasilkan di RE kasar dengan golgi komplek, menjalankan reaksi awal pada oksidasi lemak, menyimpan fospolipid, glikolipid dan steroit, dan menetralisir obat serta racun. RE halus tidak mempunyai rebosom.

3. Nukleus

Ialah organel terbesar atau intisel dan mempunyai membran rangkap. Kandungan DNA berhubungan dengan inti sel. Didalam nukleus ada nukleoplasma yang tersusun dari benang-benang kromatin serta tersusun dari DNA, RNA dan Protein. Berfungsi mengendalikan semua aktifitas sel dan mengatur pembelahan sel.

4. Sitoplasma

Terbentuk dari cairan-cairan sitosol dan organela padat. berfungsi sebagai tempat saat terjadinya reaksi pada metabolisme sel. Sitoplasma mempunyai 2 bentuk yang dapat dipengharui oleh kandungan air yang terdapat didalamnya, yaitu Fase sol atau padat dan Fase gel atau cair.

5. Badan Golgi atau Aparatus Golgi

Terbentuk dari membran yang berbentuk kantung pipih atau kumpulan vesikel sisternae atau berkelok-kelok. Pada tumbuhan badan Golgi disebut diktosom, mayoritas terdapat didekat membran sel. Arparatus Golgi bisa bergerak menuju membran sel dengan tujuan mensekresi isi agar keluar, maka organel ini disebut organel sekresi. Banyak enzim pencernaan yang belum aktif dalam badan Golgi seperti koenzim dan zimogen. Dalam badan golgi juga dihasilkan lendir yang bernama musin. Badan golgi juga mampu membentuk lisosom.

6. Ribosom

Merupakan Organel yang mensintetis protein. Terkadang ribosom menempel antara satu dengan yang lainnya dan membentuk rantai bernama Poliribosom (Polisom). Antara unit ribosom disatukan oleh mRNA. Berpedoman dari kecepatan sedimentasi ribosom dibedakan menjadi ribosom unit besar (60s) dan ribosom sub unit kecil (40s). Ribosom berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.

loading...

7. Lisosom

Dibuat oleh badan golgi yang penuh dengan protein. Enzim-enzim hidrolitik seperti proteolitik, tifase dan fosfatase dihasilkan oleh lisosom. Lisosom pula bersifat aoutolisis, aoutofagi dan menghancurkan makanan dengan cara edsositosis. beberapa fungsi dari lisosom adalah meleburkan atau menghancurkan sel yang sudah mati atau tidak berfungsi yang disebut autofage, meleburkan selnya sendiri atau auotolosis dan mencerna materi yang diambil dengan cara endositosis.

8. Mitokondria

Dibeberapa sel mitokondria dapat bebas bergerak membawa ATP ketempem-tempat yang membutuhkan energi. Mitokondria terbuat dari dua sistem membran yaitu membran dalam dan membran luar. Membran dalam berbentuk tonjolan-tonjolan kedalam agar bidang penyerapan oksigen makin luas. Metrik mitokondria berisi protein, lemak, enzim sitokrom, DNA dan ribosom hingga besar kemungkinan sintesis enzim-enzim respirasi dengan cara otonom. Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi untuk menghasilkan energi.

9. Dinding Sel

Terdiri dari protein selulose, hemiselulose,lignin dan pektin. Fungsi dari dinding sel adalah membuat bentuk sel, menjadi sel dalam dan mengatur transportasi zat.

10. Sentriol

Hanya dimiliki sel pada hewan. fungsi dari sentriol adalah untuk menarik kromosom menuju kutub.

11. Plastida

Merupakan organel yang mengandung pigmen yang terdiri dari krorofal yang mengandung klorofil, kromoplas yang mengandung pigmen warna merah, jingga dan kuning, leotoplas yang tidak mengandung pigmen.

12. Vakuola

Adalah sel pada tumbuhan yang memiliki sifat menetap. Vakuola berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, pigmen, minyak atsiri yang ,memberikan aroma pada tumbuhan dan sisa metabolisme.


loading...