Teknik Lompat Jauh
Teknik Lompat Jauh

Teknik Lompat Jauh

Posted on

Teknik Lompat Jauh – Lompat jauh adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik lain dengan ancang-ancang lari cepat atau lambat dengan bertumpu pada satu kaki dan mendarat dengan kaki/anggota tubuh yang lainnya dengan keseimbangan yang baik. Kecepatan lari awalan serta besarnya sudut tolakan merupakan komponen yang menentukan tercapainya suatu jarak.

Teknik Lompat Jauh
Teknik Lompat Jauh

Teknik lompat jauh dapat dibagi menjadi 4 tahap.

a. Ancang-ancang (awalan)

Tujuan ancang-ancang ialah untuk mendapatkan kecepatan horizontal yang setinggi-tingginya agar dorongan badan ke depan lebih besar.

b. Menumpu (menolak)

Menumpu merupakan suatu gerakan yang sangat penting yang dapat me-nentukan hasil lompatan. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menumpu.

  1. Sewaktu menumpu, badan tidak terlalu condong.
  2. Tumpuan harus kuat dan cepat.
  3. Jangan mengurangi kecepatan sewaktu awalan.
  4. Gerakan ayunan tangan sangat membantu.
  5. Pandangan ke depan.

c. Melayang

Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan balok tumpuan diusahakan agar keseimbangannya terjaga dengan bantuan kedua tangan. Dalam gaya lompat jauh, salah satunya gaya jongkok, pada saat di udara, membentuk sikap jongkok dengan cara menekuk kedua lutut, kedua lengan menjulur ke depan. 70 Penjas Orkesuntuk SD/MI Kelas VI

d. Mendarat

Yang terpenting dalam pendaratan adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan supaya dapat jatuh kedepan.