Teknik Dasar Permainan Bola Basket
Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Posted on

Teknik Dasar Permainan Bola Basket – Teknik dasar permainan bola basket di antaranya, melempar atau mengoper bola, menangkap bola, menggiring bola, dan memasukkan bola. Teknik dasar tersebut juga harus didukung kemampuan yang lain yaitu gerakan kaki, berputar (pivot), melompat, dan gerakan tipu. Untuk meningkatkan penguasaan teknik dasar bermain bola basket, berikut ini cara-cara yang dapat kamu lakukan sebagai latihan.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket
Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

a. Operan (Passing)

Mengoper bola (passing) adalah salah satu teknik dasar bermain bola basket yang harus dikuasai oleh pemain. Mengoper bola adalah untuk menggerakkan bola dari pemain satu ke pemain lainnya agar tidak direbut atau dikuasai oleh pemain lain. Mengoper bola ini ada beberapa teknik yaitu lemparan dada (chest pass), lemparan atas (overhead pass), lemparan pantulan (bounce pass), dan lemparan tipuan. Lemparan dada adalah lemparan dua tangan yang dilakukan dari depan dada. Lemparan ini dilakukan terhadap teman yang berjarak dekat.

Lemparan atas adalah lemparan bola yang dimulai dari atas kepala menggunakan kedua tangan dan melemparkannya dengan sentakan kuat dari pergelangan tangan dan jari-jemari. Lemparan ini biasanya digunakan jika berada dalam penjagaan ketat lawan posisi kamu lebih tinggi dari lawan. Lemparan pantulan sangat berguna ketika lawan yang menghadap lebih tinggi dan tangannya menjulur ke atas. Dengan cara memantulkan bola di atas lantai/lapangan dekat kaki lawan. Lemparan tipuan dapat kamu lakukan untuk menyamakan tujuanmu yang sebenarnya. Dengan cara melakukan gerakan memutar dengan cepat. Berikut ini adalah latihan yang dapat dilakukan untuk mengoper bola (passing) setinggi dada.

  1. Menghadap ke arah sasaran.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  3. Kedua kaki dibuka selebar bahu.
  4. Dorong bola ke depan dengan cara meluruskan siku dibantu dengan lecutan pergelangan tangan yang kuat. Bentuk latihan:
  5. Passingke dinding.
  6. Passingberpasangan.
  7. Passingsambil bergerak.

b. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola dilakukan untuk menghindar dari kerumunan pemain lawan dan mendapatkan posisi yang tepat untuk mengoper bola ke teman satu tim. Perlu diingat menggiring bola ini bergerak menuju ring basket lawan. Cara melakukan dribbling adalah sebagai berikut.

  1. Sikap kaki adalah kuda-kuda dan lutut sedikit ditekuk. Badan sedikit condong ke depan dan titik berat badan tetap di antara kedua kaki.
  2. Bola dipantulkan, bukan ditepuk. Oleh karena itu, pada saat bola ke atas tangan sedikit mengikuti bola ke atas dengan siku sebagai sumbu geraknya.
  3. Mata selalu melihat ke depan.
  4. Apabila akan membalik atau mundur, usahakan benar-benar berhenti lebih dahulu. Untuk dapat berhenti, seluruh telapak kaki menyentuh lantai dan lutut ditekuk dalam-dalam.

Bentuk latihan:

  1. Memantul-mantulkan bola (dribbling) di tempat
  2. Memantul-mantulkan bola (dribbling) sambil jalan
  3. Memantul-mantulkan bola (dribbling) sambil berlari

c. Menembak (Shooting)

Kemampuan menembak bola ke ringbasket adalah kemampuan yang paling utama sehingga tim kamu bisa mencetak angka (skor). Menembak adalah salah satu usaha untuk memasukkan bola ke ring basket dengan mengarahkan bola pada sasaran tembakan.

Cara melakukan-nya:

loading...
  1. Menghadap ke arah sasaran (ring).
  2. Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan bagian lutut agak ditekuk.
  3. Kedua tangan memegang bola di depan dada.
  4. Angkat bola dengan kedua tangan diarahkan ke ring basket lalu dorong dibantu dengan lecutan tangan.

Bentuk latihan shooting:

  1. Memasukkan bola dari bawah ring yaitu dari sisi kiri dan sisi kanan.
  2. Memasukkan bola dari daerah lemparan hukuman.