Teknik Dalam Vokal
Teknik Dalam Vokal

Teknik Dalam Vokal

Posted on

Teknik Dalam Vokal – Di kelas IV kamu sudah mempelajari berbagai teknik vokal. Teknik vokal tersebut antara lain intonasi, artikulasi, dan pernapasan. Sekarang kamu akan mempelajari teknik vokal lainnya.

Teknik Dalam Vokal
Teknik Dalam Vokal

a. Frasering

Fraseringadalah teknik pemenggalan kalimat lagu dan pengucapan kata yang jelas. Frasering berhubungan erat dengan teknik pernapasan. Pemenggalan kata yang tidak tepat akan memiliki arti atau makna yang berbeda. Kita ambil salah satu contoh kalimat dari lagu yang ber-judul ”Rayuan Pulau Kelapa” karya Ismail Marzuki.

Tanah air/ku Indonesia – pemenggalan yang tidak tepat
Tanah airku/Indonesia – pemenggalan yang tepat

b. Ekspresi

Ekspresi disebut juga penjiwaan lagu. Hal ini lebih ditekan ka n pada kemampuan penyanyi menyesuaikan isi dan jiwa lagu sesuai dengan kehendak pencipta. Berikut beberapa hal yang harus diketahui oleh seorang penyanyi.

  1. Menguasai materi lagu.
  2. Mengerti isi lagu.
  3. Menerapkan fraseringdengan baik.
  4. Memahami tanda-tanda yang terdapat dalam lagu, contohnya tanda tempo, tanda dinamik, dan tanda ekspresi.

Berikut contoh beberapa tanda ekspresi lagu.

a. Gaya Marcato

Dalam mengucapkan kata-kata atau syair lagu diberi tekanan, sehingga terasa semangat dan berkobar dalam me ng ung kapkan pesan yang ingin disampaikan. Contoh lagu wajib yang menggunakan gaya ini yaitu ”Indonesia Raya”, ”Garuda Pancasila”, dan ”Maju Tak Gentar”.

b. Gaya Legato

Gaya lagu ini diterapkan untuk lagu atau musik lembut dan mampu melukiskan suasana tenang. Hubungan kata-kata yang satu dengan yang lain selalu bersambungan. Contoh lagu yang dinyanyikan dengan menggunakan gaya legato yaitu lagu ”Syukur”.