Permainan Bola Softball
Permainan Bola Softball

Permainan Bola Softball

Posted on

Permainan Bola Softball – Softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan ini merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu baseballatau hardball. Bola softball berdiameter 28 – 30,5 cm, bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola ( ). Kemudian bola tersebut menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Dua tim tersebut dibagi menjadi 2 tim yang berjaga dan tim yang memukul. Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutasi tiga seri marka (base) hingga menyentuh marka akhir (home plate).

Permainan Bola Softball
Permainan Bola Softball

Gerak Dasar Permainan Bola Kecil Permainan merupakan salah satu bentuk kegiatan rekreasi atau olahraga yang banyak digemari oleh anak-anak. Jika dihubungkan dengan kata main, permainan adalah sesuatu alat atau bentuk yang digunakan pada waktu bermain yang tujuannya mencari kesenangan dan kegembiraan diri. Permainan yang menggunakan alat di antaranya ada yang menggunakan bola besar dan ada yang menggunakan bola kecil.

  1. Permainan dengan alat bola besar contohnya adalah sepak bola, bola voli, bola tangan, bola basket, dan polo air.
  2. Permainan dengan alat bola kecil contohnya adalah bola raja, bola kasti, rounders, bola tembak, bola bakar, dan softball.

Permainan kecil adalah suatu jenis permainan yang dilakukan dengan atau tanpa alat serta menggunakan peraturan tertentu yang memudahkan dan memungkinkan untuk melakukan aktivitas yang sesuai dengan kondisi dan sarana yang ada. Permainan tidak hanya sekadar bermain karena di dalam kegiatan per-mainan terdapat aktivitas yang mempunyai nilai-nilai yang sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak. Seperti bersikap jujur, kerja sama, saling menghargai, dan belajar bergaul. Selain itu, semua bentuk permainan, baik yang menggunakan alat ataupun tanpa alat bertujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani.

Bentuk-bentuk permainan kecil telah diajarkan sebelumnya, yaitu di kelas 4 diajarkan permainan kasti dan di kelas 5 diajarkan permainan rounders. Di kelas 6, kalian akan diperkenalkan dengan permainan softball. Pengenalan Softball Permainan softballdiciptakan pada tahun 1887 oleh George Hancock dari Amerika Serikat. Di Indonesia, permainan ini mulai dipertandingkan pada tahun 1967. Nama induk organisasinya ialah PERBASASI (Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia).

Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) hingga menyentuh marka akhir (home plate). Permainan ini merupakan permainan bola kecil dan masih satu rumpun dengan permainan kasti, rounders, dan bola bakar.

3 Teknik Dasar Permainan Softball

Dalam permainan softball, teknik dasar yang harus dikuasai antara lain melempar bola (pitcher) dan menangkap bola (catcher). Softballadalah permainan cepat dan tepat, artinya permainan ini memerlukan kecepatan dalam memukul, kecepatan dalam melempar dan memukul bola, kelincahan dalam menangkap dan menguasai bola dalam lapangan, begitu juga seorang pitcher harus mampu melempar bolanya secara cepat dan tepat pada sasaran.

a. Melempar Bola

Dalam permainan softball, seorang pelempar bola (pitcher) memiliki peran yang sangat besar untuk mematikan tim lawan. Syarat untuk menjadi seorang pitcheryang terampil, pemain bersang-kutan harus memiliki kemampuan motorik dan tubuh yang kuat. Di samping itu seorang pitcherjuga harus berlatih melempar bola agar lemparannya cepat dan tepat pada sasarannya.

Berikut ini teknik yang dapat dilakukan seorang pitcher untuk melempar-kan bola softball.

  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kaki kiri di depan.
  2. Tangan kanan memegang bola di belakang badan sejajar dengan bahu dan tangan kiri di depan badan.
  3. Ayunkan tangan kanan dari belakang ke depan sambil melepaskan bola dan pandangan lurus ke depan.
  4. Lakukan lemparan setinggi dada atau mendatar. Salah satu latihan teknik melempar bola adalah melempar bola ke dinding dengan petak sasaran.

Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah petak sasaran pada dinding yang akan dilempar dan siapkan sebuah tanda di tanah sebagai tempat untuk berpijak.
  2. Setelah siap, pelempar menghadap ke sasaran.
  3. Kedua kaki menginjak tanda yang telah disiapkan .
  4. Pada saat melempar bola, langkahkan salah satu kaki ke depan.
  5. Ayunkan tangan dan bersamaan dengan itu lepaskanlah bola.

b. Menangkap Bola

Penangkap bola (catcher) biasanya menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kulit yang disebut glove. Sikap saat menangkap bola adalah badan condong ke depan, kedua kaki ditekuk ke depan dan pandangan diarahkan ke arah datangnya bola. Sementara itu, tangan yang menggunakan (sarung tangan dari kulit) lurus ke depan. Setelah bola tertangkap, tangan segera ditutup dan kedua tangan segera ditarik ke belakang. Hal itu dilakukan supaya bola tidak mudah lepas kembali. Untuk melatih kemampuan menangkap bola dapat dilakukan latihan lempar tangkap.

Latihan lempar tangkap dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Melempar berhadap-hadapan dengan jarak 7 -10 meter
  2. Melempar bola antarbase dengan ketentuan siswa yang sudah melempar lari ke baseberikutnya.

c. Memukul Bola

Tiap pemukul bola (batter) pada permainan softballmempunyai kesempatan 3 kali memukul bola. Apabila battertidak berhasil memukul sampai yang ketiga kalinya, maka ini disebut “strike out”atau battertersebut mati/gagal. Untuk melatih kemampuanmu memukul bola, kamu dapat mempraktik-kan cara memukul bola softball di bawah ini.

  1. Sikap awal adalah berdiri tegak dengan kaki kiri di depan
  2. Pandangan diarahkan ke arah datangnya bola.
  3. Kedua tangan di samping badan memegang kayu pemukul.
  4. Peganglah pemukul sesuai tandanya.
  5. Pukullah bola dengan arah mendatar, arah ke bawah, atau arah melambung.
  6. Kesempatan memukul bola setiap orang adalah 5 kali.

Melakukan Permainan Sederhana Sebelum kalian melakukan permainan softballyang sebenarnya, lakukanlah permainan sederhana terlebih dulu. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah lapangan persegi dengan 4 base(tiang hinggap).
  2. Buatlah 2 kelompok dengan jumlah masing-masing kelompok adalah 12 orang.
  3. Setelah siap, penjaga lapangan menempati lapangan.
  4. Seorang pemain memukul bola kemudian lari ke base1 jika pukulan bagus dan tidak out.