Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi
Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi

Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi

Posted on

Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi – Di kelas empat kamu sudah pernah belajar menggambar ilustrasi. Kamu tentu masih ingat tahap-tahap yang harus dilalui dalam menggambar ilustrasi, yaitu persiapan bahan, penentuan tema, pembuatan sketsa, dan penyempurnaan gambar. Apa saja yang perlu kita kerjakan dalam setiap tahapan tersebut? Mari kita pelajari bersama-sama.

Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi
Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi

a. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

b. Penentuan Tema

Penentuan tema sebelum menggambar dapat memudah kan kita dalam menentukan objek. Tema yang masih luas dapat disederhanakan. Perhatikan contoh penyederhanaan tema berikut.

c. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. Perhatikan contoh sketsa dengan tema suasana di sekolah berikut.

d. Penyempurnaan Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menam bah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik. Perhatikan contoh berikut. Gambar berikut adalah hasil penyempurnaan dari sketsa 1 suasana kantin sekolah. Gambar kemudian diwarnai dengan media cat air.